Soda dan Kalsium

By Categories : Kesehatan

Indonesia merupakan negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa membuatnya di Sinari matahari di sepanjang tahun. Selain itu Indonesia juga dianugerahi dengan dua musim yakni musim penghujan dan musim kemarau. Nah yang akan kita bahas kali ini tentu saja mengenai musim kemarau. Saat musim ini tiba, maka biasanya muncul fenomena baru di masyarakat yang selalu menghebohkan. Salah satunya yang banyak dijumpai adalah penjual es yang marak di sepanjang jalan. Memang sih, mengonsumsi es di kala matahari bersinar terik memberikan kenikmatan tersendiri bagi kita.

Terlebih jika kita mengonsumsi minuman yang memberikan kesegaran ekstra seperti campuran soda dan kalsium susu. Tentunya sangat menyegarkan bukan. Tapi ternyata campuran soda dan kalsium susu memiliki berbagai macam bahaya bagi tubuh lho. Seperti apa bahaya dari campuran keduanya? Sebaiknya kali ini anda meluangkan lebih banyak waktu untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama agar beragam informasi yang saya sajikan dapat anda ketahui.

Pertama yang akan kita bahas di sini adalah tentang bahaya minuman soda yang tidak di campur kalsium susu. Ternyata minuman soda tanpa dicampur dengan susu pun memiliki beragam bahaya di antaranya bahaya-bahaya yang saya maksudkan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Osteoporosis. Soda memiliki kandungan asam yang sangat rendah sehingga untuk menormalkannya maka yang dilakukan oleh tubuh adalah dengan mengeluarkan kalsium yang ada di dalam tulang. Sehingga dengan hal ini jika berlangsung dalam waktu yang lama maka dapat mengakibatkan seseorang mengalami osteoporosis. Selain itu, kandungan asam pada minuman soda juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi pada seseorang.soda dan kalsium
  2. Serangan jantung. Soda memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Di mana kafein tersebut memiliki pengaruh buruk yakni membuat seseorang menjadi kecanduan minuman bersoda. Dan parahnya lagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama maka kafein dapat mengakibatkan seseorang mengalami serangan jantung.
  3. Selain itu, soda juga tinggi akan kandungan kadar gula. Nah, dengan menyimak hal ini maka besar kemungkinan seseorang yang sering mengonsumsi minuman bersoda akan mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Di samping itu, juga memiliki risiko yang tinggi untuk terjangkit diabetes atau penyakit akibat kelebihan kadar gula yang ada di dalam tubuh.

Minuman soda yang dicampur dengan kalsium susu juga sangat berbahaya bagi tubuh pengonsumsinya. Mengapa? Hal ini karena campuran antara soda dan susu yang banyak mengandung kalsium, membuat reaksi sehingga terbentuknya senyawa baru yang bernama kalsium karbonat. Senyawa ini merupakan senyawa yang susah untuk dicerna oleh tubuh sehingga lambat laun akan menumpuk di ginjal. Ketika hal yang semacam ini terjadi dalam tempo yang lama maka dapat berakibat pada gagal ginjal ataupun batu ginjal.

Dan itu tadi sedikit penjelasan mengenai bahaya yang terkandung dalam minuman soda apalagi yang dicampur dengan susu. Demikian semoga anda lebih bijaksana terhadap apa yang anda konsumsi.