Simak Manfaat dan Cara Makan Sehat Buah Apel

By Categories : Tips

Apa manfaat dan cara makan sehat buah apel? – Buah apel memiliki kandungan yang mempunyai segudang manfaat itu sudah tentu, tapi bagaimana cara makan sehat buah apel? Kebanyakan orang memakan buah apel karena ingin atau memiliki jadwal diet sehat tersendiri. Tapi, ternyata ada cara makan sehat buah apel. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Simak manfaat dan cara makan sehat buah apel

Ketahuilah Manfaat dan Cara Sehat Makan Buah Apel

Kandungan didalam buah apel

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dan bagaimana cara makan buah apel yang sehat, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam buah apel.

Baca juga  manfaat cuka apel untuk kesehatan

1. Vitamin

Yang pertama adalah Vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah apel antara lain A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C. Kandungan vitamin tersebut pastinya dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

2. Mineral

Mineral sendiri dibagi menjagi beberapa macam. Kandungan mineral yang ada di dalam buah yang satu ini antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, fosfor, magnesium, potassium, zat besi, zinc.

Manfaat buah apel

  1. Memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.
  2. Menyehatkan akal dan pikiran.
  3. Kandungan asam fenolik yang terdapat pada buah apel dapat menangkal radikal bebas dalam darah dan menghindari penyumbatan pada pembuluh darah.
  4. Mencegah resiko terkena kanker paru paru dan kanker usus, kandungan flavonoidnya dapat mencegah kanker.
  5. Kandungan kalium pada buah apel dapat membuat detak jantung teratur, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.
  6. Mencegah kerusakan gigi dan gusi, kandungan tannin yang ada dibuah apel membantu menyegarkan mulut sehingga menjaga mulut dari kerusakan gigi dan gusi.

Ini dia cara makan sehat buah apel

  1. Makan apel didampingi teh hijau

Apel maupun teh hijau sama sama memiliki kandungan antioksidan, apabila apel dan teh hijau dimakan bersamaan maka kandungan antioksidan pada keduannya akan tercampur untuk mencegah molekul Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF), molekul ini memicu pembentukan pembuluh darah baru yang dapat menyebabkan serangan jantung maupun stroke. Apel dan teh hijau yang dimakan bersamaan juga menurunkan kolestrol.

  1. Makan apel sebelum belanja

Responden yang memakan buah apel sebelum belanja akan membeli buah buahan dan sayur sayuran lebih banyak dari pada responden yang makan kue sebelum berbelanja.

  1. Makan dalam bentuk segar

Makan buah buahan dalam bentuk segar akan mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Makan apel setelah makan siang

Makan apel setelah makan siang akan mengurangi keinginan untuk ngemil, apel mengandung pectin serat laut yang menarik air berbentuk gel. Hal ini berfungsi memperlambat pengosongan isi perut, kenyang lebih lama, maupun menjaga gula darah tetap stabil.

  1. Makan apel dengan cokelat

Lindungi kesehatan pembuluh darah dengan memakan apel bersama cokelat hitam, kandungan flavonoid pada apel quercetin, dan cokelat hitam mengandung flavonoid yang sring disebut catechin. Kedua kandungan antioksidan ini akan mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke serta jantung.

Baca juga khasiat buah apel untuk ibu hamil

Nah itulah beberapa manfaat buah apel dan  cara makan sehat buah apel yang tepat.