Sering Ngantuk Di Pagi Hari? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

By Categories : Kesehatan

Di pagi hari merupakan salah satu waktu yang membuat tubuh dapat kembali fres, setelah selama berjam-jam tubuh beristirahat ketika di malam hari. Oleh karena itulah di pagi hari selalu diharapkan tubuh dapat kembali fres, prima dan bugar. Lantas apa jadinya jika tubuh ketika pagi hari justru mengalami hal yang tidak seharusnya diinginkan yaitu ngantuk di pagi hari? Tentu hal itu sangatlah mengganggu. Selain dapat menghambat aktivitas, ngantuk di pagi hari juga dapat menghilangkan semangat dan kreativitas seseorang.

Sering Ngantuk Di Pagi Hari

Biasanya dari kebanyakan orang untuk mengatasi ngantuk di pagi hari yaitu dengan cara mengonsumsi kopi. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan bahwa kopi adalah solusi terbaik mengusir rasa ngantuk di pagi hari tersebut. Seperti yang dipaparkan oleh Le Meridien, Amerika Serikat mereka pernah melakukan studi dengan hasil bahwa kopi memiliki kandungan zat yang sangat efektif dalam mengusir rasa ngantuk di pagi hari. Tapi alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Ingin tahu apa yang menjadi penyebabnya? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Penyebab Rasa Ngantuk di Pagi Hari yang Dapat Anda Ketahui

Kekurangan Zat Besi

Seseorang yang mengalami kekurangan zat besi dalam tubuhnya, mereka cenderung lebih mudah merasa ngantuk di pagi hari. Hal ini biasanya sering kali di alami oleh kebanyakan wanita. Ini dikarenakan wanita memiliki kebiasaan yang membuat kadar zat besi berkurang. Seperti menstruasi, diet ketat dan lain sebagainya. Nah untuk menyeimbangkan kebutuhan zat besi dalam tubuh, sebaiknya Anda harus banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan zat besi seperti misalnya sayur bayam.

Sarapan

Banyak yang mengatakan kebiasaan tidak sarapan di pagi harus merupakan salah satu penyebab ngantuk di pagi hari. Sebenarnya bukan hanya itu saja, sarapan yang berlebihan atau terlalu banyak juga dapat menyebabkan seseorang ngantuk. Oleh karena itu, usahakan selalu sarapan ketika di pagi hari dan jangan berlebihan. Menu sarapan yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari adalah telur, susu, dan buah-buah yang dimana jauh lebih baik untuk mencegah rasa ngantuk di pagi hari.

Obesitas

Penyebab ngantuk di pagi hari yang terakhir adalah karena obesitas atau memiliki berat badan berlebihan. Hal ini pengaruhi oleh aktivitas proses metabolisme dalam tubuh. Selain dapat menjadi penyebab ngantuk di pagi hari, ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya berbagai jenis penyakit diantaranya diabetes, anemia, hipertensi, dan penyakit jantung. Semua jenis penyakit tersebut juga memiliki gejala sering ngantuk di pagi hari. Maka oleh karena itu Ada harus selalu waspada terhadap resiko penyakit tersebut.

Penyakit Jantung

Salah satu tanda-tanda kesehatan jantung yang kurang baik adalah tubuh sering mengantuk, lemah, dan mudah lelah. Bahkan beberapa gejala awal yang paling sering ditandai dengan rasa ngantuk parah pada siang hari. Ini disebabkan karena gangguan jantung telah mempengaruhi semua organ di dalam tubuh, terutama pada organ yang membutuhkan suplai asupan darah yang harus dipompa dari jantung. Selain itu, gejala awal seseorang terkena penyakit jantung adalah mengalami susah tidur pada malam hari, susah bernafas dan kaki tidak nyaman.

Hipertensi

Banyak penderita tekanan darah tinggi yang tidak dapat menikmati tidur dengan nyenyak di saat malam hari. Mereka biasanya akan mengeluh tentang rasa sakit yang cukup berlebihan pada bagian bahu serta leher yang kaku pada malam hari. Selain itu, terjadi sakit di bagian kepala dan berbagai gangguan lain yang menyebabkan penderita hipertensi tidak dapat tidur dengan cukup. Karena kurangnya tidur malam membuat seseorang kan mengantuk di pagi hari.

Hiperkalsemia

Penyebab sering ngantuk di pagi hari selanjutnya adalah hiperkalsemia.  Ini merupakan penyakit yang disebabkan karena seseorang memiliki kadar kalsium di dalam darah yang tinggi. Penyakit hiperkalsemia dapat muncul karena adanya jenis penyakit lain yang terdapat di dalam tubuh seperti penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf, sistem pencernaan, dan jantung. Kadar kalsium yang normal pada tubuh manusia adalah 8,2 hingga 10,2 mg/dL. Namun seseorang yang mengalami penyakit ini hanya memiliki kadar kalsium antara 12 ,g/dL hingga 14 m/dL.

Gangguan Tidur

Ada berbagai macam gangguan tidur yang dapat membuat seseoarang ngantuk di pagi hari. Saat tubuh seharusnya dapat tidur nyenyak di malam hari maka mereka tidak dapat tidur karena mengalami beberapa gangguan seperti gelisah, cemas, dan gangguan pernafasan. Bahkan gangguan tidur lainnya seperti berjalan sambil tidur.

Hiponatremia

Penyakit ini ditandai dengan rendahnya tingkat natrium di dalam darah. Hal ini merupakan salah satu penyebab sering ngantuk di pagi hari. Seperti yang kita ketahui jika natrium memiliki fungsi untuk menjaga agar cairan elektrolit tetap seimbang di dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keinginan minum secara terus menerus.