Sering Memar Tanpa Sebab? Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Memar!

By Categories : Kesehatan

Ketika mengamati permukaan kulit tubuh, tidak jarang kita akan melihat dan mendapati permukaan kulit mengalami lebam, ruam ataupun memar padahal kita tidak terkena benturan ataupun mengalami hal yang menyebabkan memat. Tentu saja hal ini seringkali membuat kita bingung. Sebagian orang biasanya menganggap hal ini adalah hal yang biasa. Namun sebagian orang juga merasa takut dengan hal yang ia alami. Selain dapat membuat permukaan kulit berwarna merah atau keungu-unguan, memar juga dapat membuat permukaan kulit terasa sakit dan nyeri. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan memar, berikut adalah beberapa penyebab munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba.

Sering Memar Tanpa Sebab Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Memar

Penyebab memar tanpa sebab dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab memar paling umum yang sering terjadi adalah dikarenakan oleh olahraga, diabetes, kekurangan vitamin C, akibat penuaan dan juga gangguan darah. gangguan darah yang dapat menyebabkan hal ini adalah hemofilia. Selain hemofilia, memar yang sering terjadi di tubuh juga dapat menjadi sebuah indikasi bahwa tubuh seseorang terkena kanker darah atau leukimia. Penyakit ini menyebabkan tubuh mengalami memar secara tiba-tiba.  Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Cara menghilangkan memar paling ampuh dan alami

  • Kompres dengan es batu

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengompresnya dengan es batu. Tahukah Anda es batu yang Anda gunakan dapat mengurangi rasa sakit akibat memar serta dapat menyembuhkan memar tersebut. Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh es batu memiliki peranan untuk mendinginkan pembuluh darah. Sehingga hal ini dapat membuat darah lebih lancar dan mencegah pembekuan darah.

  • Mengonsumsi vitamin C

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab memar adalah akibat dari kekurangan vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh. sehingga kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah pada tubuh, salah satunya yaitu memar tanpa sebab. Beberapa buah kaya vitamin C yang dapat Anda konsumsi antara lain, buah jeruk, kiwi, mangga jambu ataupun suplemen yang kaya vitamin C.

  • Kompres dengan air hangat

Cara menghilangkan memar selanjutnya adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Caranya pun cukup mudah yaitu siapkan air hangat dalam baskom kemudian celupkan kain tebal. Setelah itu kompreskan pada bagian yang mengalami memar.

  • Gunakan daun seledri

Berikutnya adalah dengan menggunakan daun seledri. Seledri memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi. Caranya, tumbuk beberapa daun seledri kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami memar. Selain dapat mengatasi peradangan, daun seledri juga sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan memar dengan cepat.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan memar paling ampuh dan alami yang dapat Anda coba.

Loading...
terms: cara menghilangkan memar pada tubuh tanpa sebab, penyebab kulit memar dan cara mengatasinya