Selain Penyedap Rasa, Inilah Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Hal ini dikarenakan daun bawang memilki aroma yang khas, apalagi jika di campurkan ke dalam masakan seperti soto ataupun bakso. Daun bawang atau dengan nama ilmiah allium porrum ini ternyata bukan hanya berguna sebagai penyedap rasa, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan. Sebelum kita membahas mengenai manfaat daun bawang bagi kesehatan. Alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu jenis dan kandungan yang terdapat di dalam daun bawang.
daun bawang
Daun bawang atau dengan nama ilmilah allium porrum, ternyata memiliki dua jenis yaitu daun bawang bakung dan daun bawang semprong. Daun bawang bakung memiliki ciri umbi kecil, berdaun bulat, panjang serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan untuk ciri daun bawang semprong memiliki daun yang besar, panjang dan pipih. Meskipun secara fisik kedua daun bawang tersebut berbeda, tapi memiliki manfaat yang sama. Kedua daun bawang tersebut juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin B6, flavonoid, dan  phytochemical. Adapun manfaat daun bawang bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut.!

Inilah Manfaat daun Bawang Bagi Kesehatan

  1. Mencegah penyakit anemia, manfaat daun bawang bagi kesehatan yang pertama adalah berfungsi untuk mencegah penyakit anemia ( kekurangan darah ). Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut mempu meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Sehingga dapat mengatasi penyakit anemia.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, setiap orang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan setiap tubuh manusia sangat rawan terserang virus yang dapat menyebabkan penyakit. Memperkuat sistem kekebalan tubuh sangatlah mudah, hanya cukup dengan mengonsumsi daun bawang yang sangat ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.
  3. Menjaga kesehatan tulang, manfat daun bawang bagi kesehatan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K itu sendiri sangat berperan untuk membantu regulasi sel dan mencegah demineralisasi tulang. Selain itu, daun bawang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang.
  4. Menyehatkan jantung, daun bawang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan polisulfida. Selain itu daun bawang juga memiliki kandungan mangan dan mineral yang dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan mata, daun bawang sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Hal ini harus Anda perhatikan karena mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting. Untuk itu kesehatan mata harus dijaga. Dalam satu batang bawang memiliki kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 g. Jumlah tersebut tentu sudah memenuhi 2,6% dari asupan harian pria, dan 3,4% untuk wanita.
  6. Baik untuk ibu hamil, daun bawang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Wanita hamil memerlukan asam folat untuk mengoptimalkan perkembangan janin serta meningkatkan kecerdasan otak. Jika wanita kekurangan folat maka akan lebih beresiko terkena keguguran dan mengalami kelelahan.
  7. Menyehatkan pencernaan, manfaat daun bawang ini memang sudah tidak diragukan lagi. Kesehatan pencernaan adalah hal yang penting untuk dijaga. Ini karena proses pencernaan merupakan awal mula dari proses pencernaan zat-zat gizi yang dikonsumsi seseorang. Daun bawang sangat baik untuk pencernaan karena mangandung serat yang tinggi. Selain itu, daun bawang juga mampu mengatasi masalah sembelit dan susah buang air besar.
  8. Kaya mineral dan rendah kalori, salah satu bumbu masakan ini mengandung banyak mineral, terutama kalium dan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita sel darah merah. Sedangkan kalium memiliki manfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, serta mencegah kram pada otot. Seperti halnya sayuran lainnya, daun bawang juga sangat rendah kalori.
  9. Mencegah diabetes, hal ini karena daun bawang mengandung phyto-kimia yang terdapat di dalamnya, yaitu alil disulfida dan allium. Kedua zat tersebut mencegah degradasi insulin dalam tubuh serta dapat meningkatkan metabolisme glukosa.
  10. Mengobati cacingan, orang yang terkena cacingan biasanya memiliki badan yang kurus dan tidak aktif. Untuk itu orang yang terkena cacingan disarankan untuk mengonsumsi daun bawang. Anda dapat mencampurkan beberapa makanan dengan daun bawang. Salah satunya adalah sop yang diberi daun bawang. Sop termasuk makanan terbaik karena senyawa yang ada di dalamnya masih utuh dibanding dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dengan dibakar.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun bawang bakgi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Tapi satu hal yang harus Anda tahu jangan berlebihan ketika mengonsumsi daun bawang karena dapat menyebabkaan  bau badan menjadi tidak sedap. Baca juga artikel terkait lainnya. Manfaat Daun Kecubung Bagi Kesehatan.

Loading...