Selain Bebas Kolesterol, Inilah Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui susu ada dua macam yaitu susu hewani dan susu nabati. Susu hewani yaitu susu kambing, susu sapi, susu kuda liar dan lainnya sedangkan susu nabati seperti susu kedelai, susu almond dan masih banyak lagi. Mungkin tidak semua orang dapat mengonsumsi susu hewani karena intoleransi laktosa. Sebagai penggantinya, seseorang yang mengalami intoleransi laktosa biasanya mengosusmi susu nabati, salah satunya yaitu susu almond.

manfaat susu almond

Susu almond merupakan susu yang dibuat dari kacang almond. Menurut UK Institute, susu yang berbahan kacang almond ini mengandung berbagai macam kancungan vitamin dan nutrisi, seperti serat, lemak, protein, karbohidrat, kalori, kalsium dan lainnya. setelah mengetahui kandungan nutrisi pada susu ini, berikut adalah beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan.

Manfaat susu almond bagi kesehatan tubuh

Mengurangi resiko penyakit jantung

Menurut American Heart AssociationĀ  susu almon tidak hanya bebas kolesterol, susu nabati yang satu ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi susu almond secara teratur juga dapat mengurangi 45% resiko seseorang terkena penyakit jantung. Tak hanya itu saja kandungan serat yang tinggi dalam susu almond juga berguna untuk mencegah penyakit stroke.

Menu diet terbaik

Susu almond juga sangat populer dikalangan seseorang yang sedang berdiet. Seorang ahli nutrisi dan seorang pakar kesehatan dari Almond Boardof California, Jenny Heap menyatakan bahwa mengunakan susu almond sebagai minuman untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan susu almond hanya mengandung 30 hingga 60 kalori per sajiannya.

Mencegah kanker

Manfaat susu almond selanjutnya adalah berguna untuk mencegah kanker. Seperti yang Anda ketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang membahayakan jika tidak segera diobati. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mencegahnya dengan meminum susu almond. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 di Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa susu almond berguna untuk menekan pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker prostat dan kanker payudara. Jika dibandingkan dengan susu hewani, susu nabati seperti susu almond mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker lebih dari 30%.

Menghambat penuuan dini

Berikutnya adalah dapat menghambat penuaan dini. Selain kaya akan protein, kalsium dan serat, susu almond juga kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E yang memiliki fungsiĀ  untuk menangkal radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi susu almond setiap harinya dapat menghambat penuaan dini.

Menguatkan tulang

Meskipun kalsium yang terkandung dalam susu nabati tidak sebanyak yang terkandung dalam susu hewani, namun tetap saja susu ini dapat menguatkan tulang. Dalam setiap takaran penyajiannya, susu almond mengandung 25% vitamin D dan 30% kalsium. Dan pastinya hal tersebut tentu saja dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh.