Sehatkah Vegetarian?

By Categories : Berita

Dengan menjaga pola makan, diharapkan kita bisa menjaga kesehatan tubuh. Karena pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi sangat menentukan faktor kesehatan. Pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, kian hari kian berkembang. Maka muncul pula penemuan baru tentang makanan dan pola makan sehat. Salah satunya adalah vegetarian.

Ada beberapa tipe vegetarian yang perlu kita tahu, yakni:

 

Lacto-vegetarian

Lacto-vegetarian mereka tidak mengkonsumsi ikan, daging, daging unggas serta segala makanan yang mengadung bahan tersebut. Akan tetapi, mereka tetap mengkonsumsi keju, susu, butter dan yogurt.

Lacto-ovo vegetarian

Lacto-ovo vegetarian mereka juga tidak mengkonsumsi ikan, daging, dan daging unggas, namun tetap mengkonsumsi susu dan telur.

Ovo-vegetarian

Ovo-vegetarian mereka tidak mengkonsumsi daging unggas, daging, makanan laut dan susu, namun tetap mengkonsumsi telur.

Vegan

Vegan, juga tidak mengkonsumsi daging, telur, daging unggas, produk susu dan segala makanan yang mengandung bahan tersebut.

Semivegetarian

Semivegetarian, mereka mengkonsumsi makanan dari tumbuhan dan terkadang juga tetap mengkonsumsi daging, susu, telur, ikan dan daging unggas.

 

Apakah ini sehat, dan Apakah pola konsumsi makanan ini sehat?

Kuncinya terletak pada mengatur makanan dan tetap harus mengkonsumsi makanan yang variatif karena sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak dapat diperoleh dari satu jenis makanan tertentu saja. Semakin ketat jenis diet yang dilakukan, maka semakin sulit  untuk menyuplai asupan nutrisi yang lengkap, sempurna dan seimbang. Maka dari itu, bagi anda yang akan memulai diet vegetarian dibutuhkan asupan suplemen tambahan yang mengandung:

Kalsium, Yodium, Zat besi, Asam lemak omega-3, Protein, Vitamin B12, Vitamin D, Zinc.

Jadi, bagi mereka yang ingin memulai diet vegetarian sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk perencanaan makan dan pemeriksaan kondisi tubuh sehingga tidak sampai terjadi kekurangan nutrisi yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Sehatkah Vegetarian ?