Segudang Manfaat Minyak Ikan

By Categories : Kesehatan

Segudang manfaat minyak ikan, apa saja? – Minyak ikan memiliki banyak sekali manfaat yang dimilikinya, segudang manfaat minyak ikan itu meliputi kesehatan dan kecantikan. Minyak ikan berasal dari proses ekstrasi yang berfungsi untuk mendapatkan minyak dari ikan. Proses ekstrasi sangatlah panjang untuk dapat masuk pada tahap pemurnian minyak yang berfungsi untuk menghilangkan rasa dan bau yang tidak enak, warna yang tidak menarik, dan memperpanjang waktu penyimpanan.

Segudang manfaat minyak ikan

Ini dia segudang manfaat minyak ikan.

Segudang manfaat minyak ikan untuk kesehatan,

  1. Membantu mengatasi penyakit jantung dan mengatasi hipertensi, omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang terdapat dalam kandungan minyak ikan dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu lemak tak jenuh dapat membantu menangkal penyakit jantung, stroke, dan kolestrol.
  2. Penyakit diabetes, kandungan trigliserida yang tinggi serta kandungan HDL yang rendah didalam tubuh merupakan penyebab terjadinya diabetes, omega 3 dapat menangani trigliserida yang tinggi sekaligus dapat meningkatkan HDL dalam darah yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes.
  3. Membantu mencegah kanker, omega 3 dapat melawan penyakit kanker, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat.
  4. Meningkatkan kinerja otak, lemak tak jenuh memiliki kandungan DHA yang berfungsi melindungi tubuh maupun sel sel otak yang dapat melindungi otak dari depresi, stress, bipolar,karena penyakit Alzheimer.

Segudang manfaat untuk kecantikan,

  1. Menghilangkan noda hitam, kandungan vitamin E pada minyak ikan yang sangat tinggi dapat membantu mencerahkan kulit wajah, lakukan pengolesan minyak ikan pada wajah dua kali sehari.
  2. Mencegah penyakit kulit, omega 3 memiliki kandungan ERP dan DHA yang dapat mengobati serta mencegah penyakit kulit. dan memiliki sifat tabir surya alami sehingga dapat mencegah kulit dari paparan sinar matahari langsung yang berakibat buruk pada kulit.
  3. Merawat rambut, mengkonsumsi minyak ikan akan merawat rambut dari dalam. Kandungan omega 3 dapat mengatasi masalah rambut, seperti rambut kering, rambut patah, dan gatal gatal di area kulit kepala. Selain itu kandungan DHA dan EPA dapat membantu melancarkan dan meningkatkan sirkulasi darah di kepala yang dapat menutrisi folikel rambut sehingga rambut sehat dan lebih kuat.

Selain segudang manfaat minyak ikan bagi kesehatan dan kecantikan, ada 3 manfaat minyak ikan untuk anak anak.

  1. Meningkatkan kemampuan membaca anak anak

Sebuah studi di inggirs, universitas oxford melakukan penelitian terhadap responden. Responden diberi minyak ikan yang mengandung omega 3 dengan dosis 600 mg selama 16 minggu. Kemampuan membaca anak yang semula rendah meningkat drastic seletah 3 minggu dibandingkan anak anak yang tidak memiliki zat aktif.

  1. Melindungi gigi dan gusi

Selain berfungsi untuk mencerdaskan anak, minyak ikan memiliki manfaat untuk melindungi gigi dan gusi itu merupakan penelitian dari jepang. Dalam jurnal nutrition yang menyatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama 5 tahun jarang mengalami masalah dengan gigi dan gusi.

  1. Mengurangi keinginan makan junk food

Penelitian dari university of Liverpool menyatakan bahwa minyak ikan dapat meminimalkan efek junk food pada otak, dalam jurnal british journal of nutrition menyatakan bahwa junk food dapat menghambat proses neunogeresis atau proses pembentukan sel sel baru. Sedangkan minyak ikan dapat efek negative dengan merangsang area pada otak untuk mengontrol makan, belajar, dan ingatan.