Segudang Manfaat Blackcurrant

By Categories : Kesehatan

Segudang Manfaat Blackcurrant, apa sajakah? – Blackcurrant atau dengan nama ilmiah Ribes Ningrum memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman semak tanpa duri ini berasal dari Asia Utara, Eropa Tengah maupun utara. Kini tanaman Blackcurrant sudah meluas ke seluruh dunia terutama yang beriklim sedang dan dingin, bagian tanaman Blackcurrant sama sama memiliki segudang manfaat.

Segudang Manfaat Blackcurrant

Apa saja segudang manfaat Blackcurrant?

Bagian buah, buah Blackcurrant merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan 100g buah Blackcurrant mengandung 300% vitamin C yang merupakan rata rata kebutuhan manusia sehari hari. Buah Blackcurrant memiliki kandungan vitamin A dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti betakaroten, zea-xanthin, maupun cryptoxanthin, dari 100g buah Blackcurrant mengandung 230 mg vitamin A. Vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B-6 (piridoksin), vitamin B-1 (thiamin).

Blackcurrant juga memiliki kandungan mineral, seperti zat besi, tembaga, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan kalium. Dengan segudang kandungan yang dimiliki Buah Blackcurrant manfaatnya adalah sebagai berikut,

  1. Mampu melawan kanker,
  2. Menghambat penuaan,
  3. Mencegah terjadinya peradangan,
  4. Mencegah penyakit saraf (ke 4 hal ini dikarenakan buah Blackcurrant memiliki kandungan fitokimia atau anthocyanin)
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai infeksi dan pengaruh radikal bebas. (vitamin C)
  6. Menjaga keutuhan selaput lendir dan kesehatan kulit (vitamin A)
  7. Menjaga kesehatan mata (vitamin A)
  8. Menjaga dari serangan kanker paru paru dan kanker rongga mulut. (vitamin A)
  9. Metabolisme tubuh (vit B dan mineral)

Minyak Blackcurrant, minyak ekstrak dari biji Blackcurrant banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Beberapa manfaat dari minyak Blackcurrant hampir sama dengan manfaat yang dimiliki buah Blackcurrant.

  1. Sifat anti-inflamasi dapat mengobati nyeri dan bengkak yang disebabkan rheumatoid arthritis.
  2. Gamma Linolenic Acid (GLA) dapat membantu mengobati gastritis yaitu peradangan dalam lapisan dalam perut.
  3. Minyak Blackcurrant membantu memproduksi prostaglandin, yaitu hormon yang membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi resiko peredaran organ. Prostaglandin E2 yang diproduksi secara berlebih dapat membuat seseorang tampak tua.
  4. Minyak yang dimiliki bermanfaat dalam mencegah penuaan.
  5. Dapat mengontrol kolestrol sehingga mencegah terjadinya serangan jantung.
  6. Minyak Blackcurrant memiliki sifant anti virus sehinggan mencegah virus seperti influenza.
  7. Manfaat lainnya adalah minyak Blackcurrant dapat meredakan gelaja PMS, mengurangi kram karena menstruasi, serta nyeri punggung, dan nyeri yang diakibatkan oleh nyeri payudara.

Jus Blackcurrant, para peneliti dari Plant & Food Research, New Zaeland. Berkolaborasi dengan Northumbria university menjalankan sebuah studi manfaat jus Blackcurrant. Hasilnya menyatakan bahwa mengkonsumsi jus Blackcurrant bisa meningkatkan suasana hati dan kelelahan mental berkurang. Jus ini dapat mengurangi enzim monoamine oxidases yang mengatur jumlah serotonin dan dopamine diotak yang dapat mempengaruhi mood dan fungsi otak.

Itu tadi merupakan segudang manfaat Blackcurrant yang berguna untuk tubuh manusia.

terms: manfaat blackcurrant