Sayuran, Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Atau Dimasak?

By Categories : Kesehatan

Sayuran mendengar kata itu kita pasti sudah terbayang betapa besar nilai gizi yang ada di dalamnya. Sayur mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Namun kadang kita juga bingung apakah sayuran lebih baik dikonsumsi mentah atau dimasak? Sayuran mentah (lalapan) nilai gizinya lebih baik daripada sayuran matang, tetapi lebih berisiko tertular bakteri penyakit karena tidak melalui proses pemanasan untuk membunuh virus, bakteri dan parasit.

Sayuran, Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Atau Dimasak

Sayuran Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Atau Dimasak? Berikut Ulasannya!

Jenis Sayuran

Berdasarkan bagian yang dipanen, sayuran dikelompokkan menjadi lima:   (1)  sayuran umbi (wortel, bit, lobak, kentang, bawang); (2)  sayuran buah (cabai, tomat, mentimun, terung, labu siam, pare); (3) sayuran polong (buncis, kacang panjang, kecipir); (4) sayuran daun (bayam, kangkung, daun singkong, sawi); dan (5) sayuran bunga (kembang kol).

Mengingat vitamin merupakan komponen gizi yang sangat mudah rusak, maka kata kunci utama yang harus diperhatikan dalam memilih sayuran adalah tingkat kesegarannya.  Kesegaran sayuran merupakan parameter terpenting yang akan menentukan kualitas hidangan, citarasa, daya awet, dan perolehan nilai gizinya.  Teknik memilih sayuran yang segar, dibedakan atas kelompok sayuran.

Sayur dimasak

Tujuan pemasakan sayuran adalah untuk menguraikan selulosa yang terkandung pada dinding sel agar teksturnya menjadi lunak, membunuh kuman penyakit agar senyawa beracun alami tidak aktif, menguraikan residu pestisida agar tidak berbahaya bagi tubuh, mengubah senyawa komplek menjadi lebih sederhana sehingga mudah untuk dicerna dan diserap tubuh. Dibandingkan dengan bahan segarnya, proses pemasakan dapat menurunkan kandungan gizinya. Oleh karena itu, proses memasak harus dapat mengombinasikan dua kepentingan. Pertama, kepentingan pemenuhan selera, dan kedua kepentingan kebutuhan gizi. Dengan demikian, memasak harus dianggap sebagai suatu pekerjaan seni supaya bahan yang dimasak tidak hancur dan hilang khasiatnya bagi tubuh.

Memasak sayuran sebaiknya tidak terlalu lama agar kandungan gizi didalamnya tidak banyak yang hilang dengan cara memasak jangan sampai sayur tersebut kehilangan warna dan tekstur. Kelebihan memasak sayuran adalah kita bisa memperbaiki rasanya dengan berbagai macam bumbu. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak macam masakan dengan bumbu yang sangat kaya yang tidak hanya menambah nikmat sayuran yang dimasak tetapi juga menambah gizi dari makanan itu sendiri.

Sayur mentah

Bila ingin mengkonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan, harus diperhatkan betul kebersihannya. Memakan sayuran sebagai mentah lalapan memiliki kelebihan kita mendapatkan 100% gizi yang terkandung dalam sayuran tersebut, kelemahannya adalah hanya sebagian kecil saja sayuran yang bisa dimakan dalam kondisi mentah misalnya kubis, kemangi, selada, tomat, mentimun, wortel dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Bagi ibu yang sedang hamil. Mengkonsumsi lalapan mentah pada ibu hamil mengandung resiko adanya parasit toksoplasma. Ada 67,2 persen infeksi toksoplasma dialami ibu hamil (bumil) yang mengonsumsi sayuran mentah. Baik berupa lalapan, salad, wortel, dan sayuran lainnya. Infeksi dari parasit ini bisa menyebabkan gangguan janin. Oleh karena itu ibu hamil harus selalu mengutamakan makanan yang higienis saat akan dikonsumsi. Selain itu, disarankan agar bumil mengolah sendiri sayuran mentah tersebut dengan cara dicuci menggunakan cairan pembersih untuk sayuran. Saat ini bahkan beberapa jenis cairan pembersih untuk cuci piring bisa digunakan untuk mencuci sayuran dan buah. Penggunaan cairan pembersih ini selain menghindarkan kita dari bakteri, virus dan parasit berbahaya juga menghilangkan pestisida, lilin, pengawet serta bahan-bahan kimia lainnya yang mungkin masih menempel di sayur dan buah yang akan dikonsumsi.

Jadi sekarang sudah tidak bingung kan mau pilih sayur mentah atau dimasak?

Loading...
terms: makan sawi mentah, makan sawi putih mentah, bagus mana makan sawi mentah pa matang??, bolehkah bumil makan terong bulat mentah2, konsumsi sawi putih mentah, lalap sawi putih, Mentah sawi