Sayur dan Buah untuk Melancarkan BAB

By Categories : Kesehatan

Permasalahan sembelit atau susah buang air besar kerap menjadi masalah serius yang sering dialami kebanyakan orang. Masalah ini tentu sangat mengganggu aktivitas seharian dan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya seseorang harus mencukupi makanan yang mengandung serat tinggi. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi sangat mudah didapatkan melalui sayur ataupun buah-buahan. Untuk memberikan informasi kepada Anda yang mengalami sembelit, di bawah ini terdapat beberapa sayur dan buah-buahan yang ampuh untuk mencegah maupun mengatasi sembelit.

Sayur dan Buah untuk Melancarkan BAB

Berikut Sayur dan Buah untuk Melancarkan BAB

Pepaya

Buah pepaya tentu sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Buah dengan ciri khas warna oranye ini sangat mudah untuk ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern. Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi seperti vitain A yang baik untuk menjaga kesehatan mata serta mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat itulah yang membuat pepaya menjadi buah yang baik untuk melancarkan BAB dan juga untuk mencegah terjadinya sembelit akibat kekurangan mengonsumsi makanan yang berserat.

Kubis

Kubis tergolong sebagai sayuran hijau yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Kubis biasa disebut juga dengan kol oleh kebanyakan orang. Kubis mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin C, dan juga vitamin E. Sayuran yang kaya akan serat ini turut membantu untuk melancarkan BAB serta mencegah terjadinya permasalahan susah BAB atau disebut dengan sembelit. Sayur kol atau kubis dapat diolah menjadi sup sehat atau hidangan sehat lainnya.

Melon

Buah melon memiliki kandungan air cukup tinggi sama seperti pada buah semangka. Dibandingkan dengan buah lainnya, buah melon memiliki nutrisi yang berperan penting untuk tubuh. Bagi mereka yang mengalami susah BAB, selain kubis atau pepaya, juga dapat mengonsumsi buah melon untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh dan membantu dalam memperlancar buang air besar atau BAB.

Alpukat

Buah alpukat dapat disebut sebagai buah multifungsi yang kaya akan manfaat. Di dalam buah alpukat terkandung antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah penuaan dini, asam omega 3, serat, dan kandungan nutrisi lainnya. Lemak omega 3 di dalam buah alpukat berfungsi untuk menyingkirkan beberapa makanan mengendap dan mengandung racun di usus serta membantu membawa keluar. Selain omega 3, serat juga turut membantu untuk memperlancar BAB.

Apel

Berdasarkan sejumlah penelitian selain sayur dan buah di atas, buah apel turut menyumbangkan nama sebagai buah kaya akan manfaat termasuk untuk membantu sistem buang air besar lancar. Buah apel mengandung zat pectin yang sangat ampuh dalam membersihkan makanan yng mengendap pada usus secara alami dan aman. Buah ini sangat cocok dikonsumsi dan ditambahkan pada menu sehat harian.

Nah itulah tadi beberapa sayur dan buah untuk melancarkan BAB serta mencegah sembelit karena kekurangan serat dan nutrisi lainnya.