Menu Resep Makanan Saat Musim Hujan – Hangat Sedap

By Categories : Makanan

Musim hujan telah tiba, maka persiapkan segala peralatan, seperti baju hangat, payung, jas hujan, maupun penghangat ruangan. Tak ketinggalan, makanan yang dapat menjaga tubuh tetap terasa hangat dan bersemangat saat musim hujan. Berikut jenis makanan nikmat yang bisa menghangatkan tubuh kala musim hujan yang pastinya bikin angeeet tubuh kita:

Menu Resep Makanan Saat Musim Hujan - Hangat Sedap

Chili (Sop Tomat-Cabai)

Chili adalah makanan yang sangat populer disajikan di musim dingin. Makanan yang berasal dari meksiko ini sangat cocok disajikan di musim hujan karena rasanya yang hangat. Menu ini disantap hangat dengan isi sayuran sehat, kacang-kacangan, dan daging.

Bahan-bahan:

1 buah Bawang Bombay
1/2 buah Paprika merah dan 1/2 buah Paprika hijau
250gr Kacang merah (rendam n rebus sampe empuk)
1 kaleng tomat pasta (jika tidak ada bisa diganti dengan saus tomat)
200gr Daging Sapi giling
1 sendok makan Oregano
500ml Air
3 sendok makan Margarin
3-5 buah cabai rawit atau sesuai selera
Pala, merica, gula dan garam secukupnya

Cara memasak :

1. Tumis bombay sampai layu dengan menggunakan margarin
2. masukkan daging giling kedalam penggorengan, masak sampai berubah warna
3. masukan semua bahan yang tersisa: paprika merah dan hijau, kacang merah, oregano, gula, garam, saus tomat, pala, merica
4. Masak dengan api sedang hingga mengental (meletup-meletup gitu)
5. Sajikan diatas mangkuk dengan tambahan tambahan parutan keju jika suka. Orang Indonesia tak lengkap rasanya kalau makan tanpa kerupuk. Kerupuk udang bisa sebagai pelengkap saat menikmatinya.

Sup

Salah satu makanan yang paling nikmat dihidangkan di rumah selama musim dingin adalah sup panas. Entah dibuat dari makanan kaleng atau buatan sendiri, sup merupakan makanan yang pas dikonsumsi di malam hari saat musim hujan. Jenis sup sendiri beragam, Anda bisa membuat krim sup, sup sayuran, sup ayam, atau sup seafood sebagai makanan penghangat. Tambahkan kerupuk dengan jenis sesuai selera pada sup panas Anda agar lebih menarik.

Pasta

Sebagian besar orang mulai menyukai hidangan pasta hangat. Menu ini merupakan pas disantap saat musim hujan karena termasuk makanan berat, terdapat isi, dan disajikan hangat. Ada banyak resep klasik serbaguna yang bisa Anda kreasikan sendiri. Misalnya, Fettucini Alfredo dengan saus marinara, makaroni dan keju, macaroni schottel, pasta primavera, Aglio olio, dan resep lainnya. Cobalah berkreasi membuat pasta dengan resep favorit keluarga.

Wedang

Nah untuk wedang ini asli Indonesia dan sangat banyak ragam jenisnya. salah satu menu minuman hangat yang pas dihidangkan saat musim hujan seperti ini adalah Wedang Jahe Susu Coklat Kacang. Selain mudah membuatnya kandungan jahe dan rempah rempah di dalam wedang tersebut dapat menghangatkan tubuh kita. Yuk Simak resepnya berikut ini:

Wedang Jahe Susu Coklat Kacang

Bahan:
1.500 ml air
100 gram jahe bakar, dimemarkan
4 cm kayumanis
2 butir cengkeh
125 gram gula pasir
100 gram kacang tanah kupas sangrai, kacang hijau direbus
1/2 sendok makan cokelat bubuk dan 1 sendok makan air panas, dilarutkan
50 ml susu kental manis cokelat untuk penyajian
2 lembar roti tawar
Cara membuat:

Rebus air, jahe, kayu manis, dan cengkeh sampai harum. Angkat dan saring.
Didihkan lagi bersama gula pasir. Rebus sampai gula larut. Masukkan kacang tanah/kacang hijau. Rebus sampai matang.
Tambahkan larutan cokelat bubuk. Aduk rata.
Sajikan hangat bersama susu kental manis cokelat dan irisan roti tawar. Untuk 5 porsi

Mie Instan

Sajian atau makanan yang cocok dihidangkan saat musim hujan selanjutnya adalah Mi Instan. Meskipun banyak orang mengatakan bahwa mi instan adalah makanan yang kurang sehat tetapi selama kita tidak terlalu sering mengkonsumsi tidak ada masalah. Sebaiknya makan mi instan dicampur dengan bahan-bahan yang menambah nilai gizinya misalnya dengan dicampur sedikit bawang merah , potongan sawi, cabai rawit dan telur ayam saat memasaknya. Bisa juga disajikan dengan ayam goreng dan kerupuk ikan agar makin mantap. Mi kuah seperti rasa soto, rasa ayam bawang, kari ayam, tom yam dan rasa baso yang biasa-biasa saja bisa terasa spesial saat musim hujan.

Hmmmm Yummii…selamat mencoba!!

loading...
terms: resep makanan musim hujan, resep masakan saat hujan, resep masakan musim hujan, menu musim hujan, menu masakan musim hujan, menu lauk makan siang yg cocok dmusim hujan, resep makanan saat musim hujan, menu saat musim hujan, musim hujan masak apa, menu makan malam saat hujan, resep masakan praktis musim hujan, masakan yg cocok di musim hujan