Resep Sukses Belajar

By Categories : Pendidikan

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap orang di dunia ini untuk memahami segala sesuatu yang ada di dalam hidup dan kehidupannya. Belajar tidak dapat kita artikan hanya sebagai kegiatan yang dilakukan oleh siswa di sekolah atau mahasiswa di kampus saja karena lebih dari itu kegiatan belajar ini dilakukan oleh setiap individu di manapun kita berada. Mengenai kegiatan belajar ini sendiri jika kita mengulas ke belakang, maka peletak pendidikan kita, Suwardi Surya Ningrat atau yang lebih akrab di telinga sebagian besar orang dengan nama Ki Hajar Dewantara telah membuka pola pemikiran bangsa kita dengan pemikirannya yang hebat yang ia beri nama Tri Nga yang merupakan singkatan dari Ngerti, Ngrasa dan Nglakoni. Artinya kita harus mengerti, merasakan dan melakukan sesuatu itu untuk dapat memiliki sebuah kesuksesan dalam kegiatan belajar.

Resep Sukses Belajar

Nah untuk lebih lanjutnya tentang hal tersebut, maka di sini saya akan memberikan beberapa resep sukses belajar yang dapat anda gunakan dalam belajar apa pun.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kita belajar adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang akan kita pelajari. Maksudnya di sini adalah mengetahui secara garis besar tentang apa sih yang ingin kita dapatkan dari kegiatan belajar tersebut. Jika hal ini telah kita dapatkan maka dalam kegiatan belajar yang akan kita lakukan berikutnya pun akan semakin mudah dan terarah. Namun sebaliknya, ketika kita tidak mengerti sama sekali mengenai kegiatan belajar apa yang kita lakukan maka yang terjadi adalah kita akan merasa bingung dalam belajar hingga akhirnya kegiatan belajar pun menjadi kurang efektif.
  2. Resep sukses belajar yang kedua adalah dengan merasakan apa yang kita pelajari. Ada harus selalu mengingat bahwa sedikit belajar yang bermakna dalam kehidupan anda jauh lebih baik daripada banyak sekali kegiatan belajar yang anda lakukan namun anda tidak mampu merasakan bahwa itu merupakan sebuah kegiatan belajar. Dalam hal ini penghayatan akan sebuah kegiatan belajar pada diri seseorang adalah hal yang cukup menentukan keberhasilan dari kegiatan belajar itu sendiri.
  3. Ketiga, setelah anda mengerti bagaimana anda belajar dan telah merasakan sebuah kegiatan belajar tersebut sebagai sebuah kegiatan yang bermakna. Maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan kegiatan belajar anda tersebut pada kehidupan anda. Di sinilah sebenarnya anda akan mengetahui dan merasakan sendiri tentang seberapa jauh tingkat keberhasilan anda dalam kegiatan belajar yang telah anda lakukan. Anda dapat menganalisis tentang diri anda sebelum belajar dulu dan saat ini ketika anda telah belajar. Konsistensi anda dalam kegiatan belajar akan turut mempengaruhi kesuksesan anda dalam hal ini.

Demikian tadi sedikit resep sukses dalam sebuah kegiatan belajar yang dapat saya berikan. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai bertemu kembali di ulasan menarik yang akan saya berikan selanjutnya!

Loading...