Resep Aneka Olahan Tempe yang Lezat dan Sederhana

By Categories : Makanan

Aneka olahan tempe tentu merupakan makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Makanan dengan bahan dasar tempe hampir setiap hari ada di meja makan, baik tempe goreng atau olahan tempe lainnya. Selain murah, tempe merupakan bahan yang mudah untuk diolah. Tempe juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan merupakan sumber protein nabati. Tempe merupakan fermentasi dari kacang kedelai dan memiliki kandungan gizi yang setara pada yoghurt. Kandungan antibotik dan antioksidan pada tempe mampu menyembuhkan infeksi dan mencegah penyakit degeneratif.

Namun pada kenyataannya banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai tempe. Ini dikarenakan sebagian besar orang mengolah bahan makanan ini sebagai tempe goreng saja. Tidak heran jika disajikan setiap hari akan membuat orang bosan dan susah untuk menikmatinya. Sebenarnya, terdapat aneka olahan tempe yang dapat Anda coba dan tentunya dapat memanjakan lidah Anda. Cara mengolah tempe menjadi menu masakan yang lezat tidak harus menggunakan bahan tambahan yang mahal, Anda cukup menyediakan bahan tambahan sederhana dan sedikit kreasi.

Aneka Olahan Tempe dengan Resep Sederhana

tempe

Terdapat banyak resep sederhana dengan bahan tempe yang dapat Anda buat. Setiap menu memiliki rasa yang beragam tergantung bumbu yang ingin Anda gunakan. Berikut beberapa resep sederhana dengan bahan dasar tempe.

Tumis Tempe Bumbu Kecap

Jika biasanya Anda sering menjumpai makanan yang dibuat tumis berupa sayur-sayuran seperti kangkung dan buncis, maka Anda dapat mencoba dengan bahan dasar lain seperti tempe. Masakan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Ini karena citarasa khas dari tempe yang dipadukan dengan bumbu halus tumis kecap menghasilkan rasa yang sangat lezat. Untuk membuat tumis tempe, bahan bumbu yang perlu Anda persiapkan adalah cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Cara mengolahnya adalah dengan menggoreng tempe lalu tiriskan, tumis bahan bumbu kemudian masukkan tempe dan air secukupnya serta beri 2 sendok kecap manis. Masak hingga air meresap lalu hidangkan.

Sambal Goreng Tempe

Sambal goreng tempe merupakan salah satu aneka olahan tempe yang dipadukan dengan sambal penyet sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan pedas. Di Indonesia masakan dengan rasa yang pedas adalah menu masakan favorit. Banyak kuliner Indonesia yang khusus menyajikan makanan pedas. Bagi sebagian besar orang, sambal merupakan hidangan pendamping yang mampu membuat selera makan bertambah. Karena alasan tersebut Anda dapat memanfaatkan tempe untuk dijadikan menu makanan lezat dengan rasa yang pedas. Resep yang digunakan juga tidak terlalu sulit karena semua bahan yang dibutuhkan dapat dengan mudah ditemui di pasar tradisional. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah cabai rawit merah, tomat, bawang putih, gula merah, dan garam. Untuk rasa pedasnya dapat menyesuaikan dengan selera Anda.

Tempe Balado Spesial

Untuk membuat tempe balado spesial sebenarnya cukup mudah dan praktis. Hal ini tentu merupakan kreasi untuk menghilangkan rasa bosan ketika makan tempe goreng. Resep makanan ini juga sangat cocok bagi Anda yang menyukai masakan pedas. Anda dapat menambahkan cabe agar rasa pedas yang dihasilkan sesuai dengan selera Anda. Selain itu Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti irisan kentang goreng atau seafood. Namun perlu Anda perhatikan sebelum Anda menambahkan seafood sebaiknya Anda masak terlebih dahulu agar matang sempurna. Jika Anda ingin menambahkan sayuran maka Anda dapat mencoba memasukan kacang panjang atau buncis. Bahan makanan tersebut tentu menambah citarasa yang lebih nikmat dan menambah nutrisi pada makanan tersebut.

Tempe Penyet

Aneka olahan tempe lain yang dapat Anda buat adalah tempe penyet. Mungkin bagi Anda sudah tidak asing lagi dengan masakan ini. Biasanya orang menikmati tempe penyet di sebuah tempat makan. Namun jika Anda ingin mengonsumsi sebagai menu harian maka Anda dapat membuat sendiri sesuai dengan selera Anda. Untuk membuat menu tempe penyet cukup mudah, bahan bumbu yang digunakan juga tidak terlalu sulit. Bahan utama yang dibutuhkan adalah bawang putih, ketumbar halus, garam, air dan penyedap rasa. Sedangkan bahan sambal yang dibutuhkan adalah cabai merah cabai rawit, bawang putih, bawang merah, terasi, gula pasir, dan kencur.

Langkah pertama untuk mengolah tempe penyet adalah dengan mencampurkan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, air, dan penyedap rasa. Aduk hingga rata kemudian masukan tempe yang sudah diiris dan rendam selama 5 menit. Setelah itu goreng tempe hingga matang dan tiriskan. Langkah selanjutnya adalah buat sambal dengan menghaluskan semua bahan bumbu. Namun sebelumnya Anda harus tumis terlebih dahulu. Selanjutnya adalah susun tempe di atas cobek dan beri sambal di bagian atas kemudian Anda tekan mengunakan ulekan.

baca juga : kue tradisional dari tepung beras paling populer

Itulah beberapa resep aneka olahan tempe yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

terms: resep tempe yang dipadukan dengan sayur