Pulau Peucang Ujung Kulon, Wisata di Banten Paling Populer

By Categories : Wisata

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon?  Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 1991 dan kemudian pada tahun 1992, Ujung Kulon pun diresmikan menjadi Taman Nasional oleh pemerintah Indonesia.

Tak hanya menjadi tempat tinggal bagi badak Jawa yang langka, Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Salah satu tempat menarik yang ada di sana adalah Pulau Peucang Ujung Kulon.  Pulau tersebut seringkali disebut sebagai gerbang utama dari Taman Nasional Ujung Kulon. Oleh karena itu Pulau Peucang ini   menjadi tempat pertama yang dikunjungi para wisatawan sebelum mengunjungi tempat menarik lainnya yang ada di sana.

Pulau Peucang Ujung Kulon, Wisata di Banten Paling Populer

Keindahan dan Pesona Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon

Pulau yang terletak di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon ini tidak terlalu luas, yaitu hanya sekitar 450 hektar yang terbagi dalam hutan dan wilayah pantai. Hutan di sini juga masih berbentuk hutan primer, artinya hutan di Pulau Peucang masih sangat alami dan bukanlah hutan yang pepohonannya ditanam manusia begitupun dengan beberapa satwa yang ada di sana.

Di pulau yang berada di Selat Panitan, Kabupaten Pandeglang, Banten ini Anda akan melihat secara lansung beberapa fauna asli Taman Nasional Ujung Kulon, seperti kera, babi hutan, rusa dan masih banyak lagi. Namun tak hanya itu saja. Di pulau ini mata Anda akan dimanjakan dengan pasir putih yang lembut dengan gradasi warna biru muda di tepi dan biru tua pada bagian tengah. Keindahan dan kejernihan air pantai tersebut pastinya akan membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini.

Aktifitas terfavorit yang sering dilakukan para wisatawan di Pulau Peucang Ujung Kulon ini adalah berenang, snorkeling ataupun sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai. Pulau Peucang memiliki air yang sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat keindahan alam bawah laut hanya dengan mata telanjang.

Fasilitas di yang ada di Pulau Peucang

Sama seperti obyek wisata lainnya, di Pulau Peucang ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, salah satunya yaitu penginapan. Penginapan di sana juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti AC, kamar mandi dalam dan lainnya. Untuk harganya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 400.000 hingga Rp Rp 700.000 per malam.

Akses menuju ke Pulau Peucang Ujung Kulon

Wisata ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan Kapal. Bagi Anda yang dari Jakarta, Anda harus menuju ke Kecamatan Sumur dengan menggunakan motor sekitar 7 hingga 8 jam. Dari dermaga Kecamatan Sumur Anda harus menyewa kapal. Untuk bisa sampai ke sana Waktu tempuhnya pun cukup lama, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar dengan berfoto ataupun melakukan kegiatan yang mengasyikkan lainnya untuk mengusir rasa bosan.