Proses Terjadinya Hujan Asam dan Dampak yang Ditimbulkan

By Categories : Pendidikan

Salah satu fenomena alam yang pernah terjadi di bumi ini adalah hujan asam. Faktanya hal ini tidak hanya terjadi karena fenomena alam melainkan terjadi karena ulah tangan manusia. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hujan asam antara lain polusi udara mulai dari gas kendaraan bermotor, industri-industri dan masih banyak lagi.

Hujan asam sendiri merupakan hujan yang memiliki  pH atau kadar keasaman yang rendah. Umumnya hujan air biasa memiliki pH 5,6. Namun ketika hujan yang turun pH < 5,6 maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai hujan asam. Selain dari polusi udara, hujan asam juga bisa disebabkan karena oleh bencana alam, khususnya letusan gunung berapi.

proses terjadinya hujan asam

Untuk lebih mengetahui tentang hujan asam, berikut adalah proses terjadinya hujan asam lengkap dengan dampak buruk yang ditimbulkan.

Mengetahui proses terjadinya hujan asam

Hujan asam terjadi karena gas sulfur dioksida (berasal dari asap pabrik) dan gas nitrogen oksida (dihasilkan dari kendaraan bermotor) berkumpul menjadi satu dan bereaksi dengan uap air yang ada di udara. Proses reaksi ini akan menghasilkan asam sulfat, asam nitrat dan juga asam nitrit yang kemudian akan berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya hujan asam.

Nah itulah proses hujan asam, lalu apa saja dampaknya bagi kehidupan? Umumnya, dampak dari hujan asam  tidaklah menguntungkan, mengingat asam yang terkandung dalam hujan asam sangatlah kuat, pastinya Anda sudah mengerti dampak apa saja yang dapat ditimbulkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah dampak  dari hujan asam.

Dampak hujan asam bagi kehidupan

  1. Tingkat kesuburan tanah menurun

Yang pertama adalah dapat menyebabkan tingkat kesuburan tanah menurun. Hujan asam yang terjadi tentu saja dapat membuat tanaman mati. Namun tak hanya itu saja, ikan dan plankton yang ada di laut juga akan mati karena air memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini dikarenakan ikan dan air tidak bisa hidup dengan tingkat keasaman tertentu.

  1. Proses fotosintesis terganggu

Yang kedua adalah dapat menyebabkan proses fotosintesis terganggu. Ketika tingkat kesuburan tanah terganggu tentu saja hal ini juga dapat menggagu proses fotosintesis pada tanaman. Jika hal ini terjadi maka tumbuhan banyak yang mati dan pertumbuhannya akan terhambat.

  1. Kematian pada hewan

Selain tanaman, hujan asam juga membuat kematian pada hewan. Hal ini dikarenakan hewan yang hidup di air akan minum air yang asam sehingga hal ini dapat merusak penceraan ikan. Lambat laun, hal ini akan menimbulkan kanker pada hewan.

  1. Menyebabkan jembatan rusak dan roboh

Dampak berikutnya adalah dapat menyebabkan jembatan rusak san roboh. Seperti yang kita ketahui hujan asam dapat menyebabkan berbagai macam logam mengalami korosi atau karatan. Sehingga jembatan yang terbuat dari besi akan berkarat dan bisa roboh.

Nah itulah proses terjadinya hujan asam lengkap dengan dampaknya untuk kehidupan.

Baca juga jenis-jenis awan beserta pengertian.

terms: proses terjadinya hujan asam, pengertian dampak yg di timbulkan hujan asam