Produk Pindad yang Mendunia

By Categories : Berita

PT Pindad merupakan perusahaan perangkat militer yang ada di Indonesia. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai perangkat canggih. Dan beberapa dari perangkat tersebut telah saya rangkum di bawah ini. Selamat membaca!

  1. Panser Anoa. Produk Pindad yang mendunia yang akan kita bahas pertama kali pada ulasan kali ini adalah Panser Anoa. Perangkat perang ini dilabeli harga hingga 8 miliar rupiah per unitnya. Paling tidak PT Pindad telah memproduksinya sebanyak sekitar 200 unit. Hal tersebut menjadi sangat mencengangkan karena pada awal produksinya, sempat ada yang meragukan kehebatan perangkat tempur buatan anak negeri yang satu ini. Namun, justru sekarang ini menjadi andalan dari negara kita dan  sampai pula dilirik oleh beberapa negara perbatasan layaknya Singapura dan Malaysia. Panser ini sebenarnya merupakan sebuah perangkat perang yang mengadopsi dari konsep panser VAB diproduksi oleh  negara Perancis.Produk Pindad
  2. Water Canon. Sebagai warga Indonesia, tentu kita sangat mengenal kendaraan yang satu ini. Ya, karena produk buatan Pindad yang satu ini sesekali terlihat muncul di televisi pada saat polisi sedang mengamankan sejumlah kerusuhan. Hal ini memang karena Water Canon sendiri sebenarnya merupakan sebuah kendaraan yang sengaja diproduksi sebagai alat yang menanggulangi kerusuhan khususnya dengan kemampuannya menyemprotkan air hingga jarak sekitar 70 m, lalu memadamkan api (busa untuk menangani bom Molotov) dan menembakkan gas air mata. Karena kepopuleran kendaraan ini, mata tak heran negara tetangga seperti Timor Leste juga kepincut untuk membelinya.
  3. Beberapa persenjataan. Produk Pindad yang mendunia tidak hanya berhenti pada urusan kendaraan, karena faktanya telah banyak dari persenjataan yang diproduksi oleh perusahaan di Bandung itu, digunakan di mancanegara. Di bawah ini adalah beberapa contohnya!
  • Senapan serbu SS2. Senapan serbu yang satu ini merupakan sebuah senjata yang dikembangkan dari jenis senapan yang sebelumnya yakni SS1. Pada awal produksinya maka senjata ini telah digunakan untuk memperkuat TNI AD. Banyak yang mengatakan bahwa produk ini disandingkan dengan beberapa senjata andalan dari negara besar di dunia, seperti senapan serbu AK47 yang digunakan oleh pasukan Rusia dan senapan serbu M16 yang digunakan oleh pasukan Amerika Serikat.
  • Senapan anti terror PM 2. Senjata yang satu ini merupakan sebuah senjata yang dikembangkan dengan mengadopsi konsep dari H& K MP5 kaliber 9 mm. Sebagai produk yang disiapkan dengan konsep maching gun, produk ini memiliki kemampuan jarak tembak yang akurat sejauh 75 meter. Dengannya membuat produk ini terkenal di dunia kemiliteran dunia dan untuk saat ini telah digunakan oleh beberapa pasukan elit dalam negeri seperti Densus 88 dan Kopasus. Selain itu produk senjata ini juga memperkuat pasukan antiteror SWAT milik negara besar layaknya Amerika Serikat. Tentu dengan fakta ini, kehebatan dari senjata senapan anti terror PM 2 tak perlu kita ragukan.

Demikianlah tadi beberapa ulasan yang dapat saya hadirkan untuk Anda. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya. Sampai jumpa!