Prestasi Jokowi di Jakarta

By Categories : Berita

Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih familiar di telinga kita dengan sebutan Jokowi merupakan sosok presiden terpilih Republik Indonesia setelah ia memenangkan Pemilihan Umum yang digelar pada 9 Juli 2014 lalu. Dalam pemilu waktu itu Jokowi mendaulat mantan Wakil Presiden periode 2004 – 2009, H. M. Jusuf Kalla sebagai Calon wakil Presidennya. Pasangan Jokowi-JK ini berhasil mengantongi suara lebih dari 50% sehingga ia dinobatkan sebagai Presiden Terpilih dan sekaligus mengalahkan rivalnya, yakni pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Pemilihan kali ini begitu berbeda, karena Jokowi didukung oleh para relawan yang gigih memperjuangkan kemenangan bagi Jokowi. Sebenarnya apa sih yang membuat para relawan begitu antusias membantu Jokowi? Salah satunya adalah karena alasan prestasi Jokowi di Jakarta. Kita tahu, bahwa sebelum ditetapkan sebagai Presiden Terpilih, Jokowi adalah sosok Gubernur yang gemar membenahi Jakarta. waduk pluit jokowiIa telah menuai berbagai macam prestasi dalam masa kepemimpinannya di ibukota, beberapa di antaranya yang perlu kita berikan apresiasi adalah.

  1. Memperbaiki transportasi di Ibukota Jakarta. Sudah lama kita ketahui bahwa Ibukota Jakarta sangat identik sekali dengan kemacetan. Di sini Jokowi hadir, memperbaiki kesemrawutan yang ada di Jakarta tersebut. Beberapa di antaranya proyek Jokowi yang besar di Bidang Transportasi ini adalah Trans Jakarta, pembangunan MRT, Pembangunan Monorel dan berbagai proyek lainnya. Selain itu, Jokowi juga pernah melakukan penolakan keras atas ide pemerintah yang akan menyelenggarakan pameran mobil murah. Menurutnya, hal tersebut akan membuat kemacetan di Jakarta menjadi semakin parah.
  2. Mengembalikan fungsi waduk dan sungai sebagai daerah resapan air hujan. Salah satu prestasi yang membanggakan Jokowi di Jakarta adalah upayanya yang tak kenal lelah dalam mengembalikan fungsi daerah resapan air hujan di Jakarta. Jakarta yang semula menjadi daerah banjir berat, kini lambat laun teratasi sedikit demi sedikit dengan kembalinya daerah resapan air yang baik. Di antaranya beberapa waduk dan sungai yang telah dinormalisasi adalah waduk pluit, waduk ria rio, Kali Pesanggrahan da lain sebagainya.
  3. Penataan pemukiman warga Jakarta. Prestasi Jokowi dalam hal ini adalah dengan melakukan upaya relokasi dengan cara damai. Jika pada periode sebelumnya pemerintah DKI cenderung gagal dalam menjalankan tugasnya menata kota, maka tidak demikian dengan Jokowi. Sosok gubernur yang satu ini telah mampu menata wajah kota Jakarta menjadi lebih baik, dengan beberapa program relokasi penduduk yang dilakukannya. Di antaranya program yang paling terkenal adalah pembangunan rumah deret, pembenahan rumah susun, relokasi warga yang berada di daerah sekitar Waduk dan juga warga yang tinggal di daerah bantaran sungai. Dengan jalan ini Jokowi menjadi seorang tokoh pejabat yang benar-benar menjalankan amanah dari orang yang memilihnya.