Pilihan Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan

By Categories : Makanan

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan dapat diberikan si kecil sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI. Makanan pendamping ASI  sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh bayi. Hal ini karena saat bayi berusia 6 bulan ASI saja tidak cukup sebagai makanan utamanya. Setelah pencernaan si kecil dapat bekerja dengan normal, mulailah untuk memberikan makanan pendamping ASI agar pertumbuhan dan perkembangan si kecil lebih baik dan sehat. Nah lalu apa saja makanan sehat untuk bayi 6 bulan? Jika masih bingung, berikut adalah beberapa macam makanan yang dapat Anda coba.

Menu makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Menu makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Bubur susu kentang

Makanan yang pertama adalah bubur susu kentang. Cara pembuatannya pun mudah, yaitu  kupas dan kukus 50 gram kentang. Setelah itu potong kecil-kecil dan haluskan dengan menggunakan sedikit susu formula ataupun dengan menggunakan ASI. Blender kedua bahan tersebut hingga lembut dan lunak. Setelah itu taruh bubur susu kentang tersebut ke dalam sebuah wadah dan tambahkan susu sedikit. Agar tidak menggumpal, Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu.

Bubur susu

Anda pun bisa menggantu bubur susu kentang dengan bubur susu tanpa kentang. Variasi makanan sangat dianjurkan agar bayi tidak bosan karena selalu mengonsumsi makanan yang sama. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yaitu  larutkan satu sendok makan tepung beras dengan menggunakan 200 ml susu formula. Setelah itu masak keduanya dengan menggunakan api kecil hingga mendidih hingga campuran agak mengental. Sama seperti bubur susu kentang, agar tidak menggumpal Anda harus menyaringnya terlebih dahulu.

Bubur buah

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah bubur buah. Hampir semua buah kaya akan vitamin dan nutrisi. Akan tetapi bayi yang berusia 6 bulan belum bisa mengonsumsi buah secara langsung dan disarankan untuk membuatnya bubur. Buah yang cocok untuk bayi usia 6 bulan adalah pisang ambon. Caranya, haluskan pisang ambon yang dicampur dengan susu menggunakan blender. Setelah itu tambahkan sedikit susu baru Anda bisa menyajikannya. Selain pisang ambon beberapa buah yang dapat Anda gunakan antara lain mangga, apel ataupun pepaya.

Bubur sayur

Selain buah, sayur juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bubur sayur antara lain, 50 gram brokoli yang sudah dikukus dan susu formula atau ASI. Caranya pun hampir sama seperti pembuatan bubur sebelumnya, yaitu campurkan brokoli dan susu setelah itu Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender. Jika sudah campurkan lagi susu yang masih tersisa. Agar bayi tidak bosan, Anda bisa mengganti brokoli dengan sayuran lainnya, seperti kangkung, sawi, bayam, wortel dan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Baca juga makanan sehat bayi 9 bulan untuk sang buah hati.