Pesona Keindahan Cagar Alam Indonesia

By Categories : Wisata

Sebagai salah satu upaya konvervasi alam di Indonesia terdapat banyak tanaman nasional dan cagar alam yang tersebar di Indonesia. Cagar alam sendiri berfungsi sebagai tempat perlindungan terhadap seluruh komponen dan ekosistem baik dalam bentuk flora, fauna maupun habitat lainnya. Cagar alam atau nature sanctuary berlangsung secara alami tanpa ada campur tangan manusia sehingga kawasan tersebut hingga sampai saat ini dibiarkan sesuai dengan aslinya. Adapun campur tangan manusia itu hanya dimungkinkan jika terdapat suatu tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan hingga mengakibatkan kawasan tersebut punah.

Cagar Alam Bukit Kelam Sintang

Cagar alam Indonesia itu sendiri dapat terbagi beberapa macam diantaranya cagar alam darat, cagar alam daratan, cagar alam laut dan cagar alam biosfer. Namun khususnya cagar alam yang terdapat di Pulau Jawa hanya ada dua yaitu cagar alam daratan dan cagar alam laut. Nah lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan  mengenai pesona keindahan cagar alam Indonesia yang dapat Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inilah Pesona Keindahan Cagar Alam Indonesia

Cagar Alam Bukit Kelam Sintang

Pesona keindahan cagar alam Indonesia yang perama adalah Bukit Kelam Sintang. Jangan pernah terkecoh dengan namanya, karena pesona keindahan cagar alam Indonesia ini mampu menghipnotis setiap orang yang melihatnya. Nama Bukit Kelam Sintang  ini tidak lepas dari legenda Bijang Meji dan Tumenggung Marbuai di Kalimantan. Di dalam hutan ini terdapat jenis Flora langka yang dilindungi oleh pemerinta yaitu Merantis, Bangeris, Tengkawang, Kebas-kebas dan berbagai jenis Anggrek. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat menemukan beruan madu dan banyak kelelawar yang beterbangan di atas langit-langit Bukit Kelam Sintang.

Cagar Alam Kebun Raya Cibodas

Cagar alam Kebun Raya Cibodas ini terletak di daerah Gunung Gede, Jawa Barat. Cagar alam Indonesia ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk  menyambangi cagar alam Kebun Raya Cibodas, sekarang ini teleh memiliki akses yang snagat mudah untuk dijangkau bagi setiap pengunjung. Selain itu kawasan ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari mulai air terjun hingga rumag kaca pun dapat Anda nikmati selama menghabiskan waktu di kebun raya yang telah berdiri sejak tahun 1830 silam ini.

Cagar Alam Kepulauan Krakatau

Pesona keindahan cagar alam Indonesia yang terakhir adalah cagar alam kepulauan krakatau yang terletak di Selat Sunda. Cagar alam Kepulauan Krakatau ini merupakan salah satu warisan alam yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Di Kepulauan Krakatau Anda dapat menemukan begitu banyak jenis flora diantaranya berbagai jenis jamur dan tumbuhan paku. Selain itu juga terdapat berbagai jenis fauna seperti ular, kadal, penyu laut dan masih banyak lagi lainnya

Demikian penjelasan pesona keindahan cagar alam Indonesia yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Sungai Berbahaya Di Dunia.