Pesawat Tempur Tercanggih Saat Ini

By Categories : Teknologi

Perkembangan teknologi semakin pesat setelah perang dunia kedua. Hal ini berdampak pada sektor teknologi pesawat tempur, tank, maupun kapal perang. Negara-negara maju di dunia berlomba-lomba untuk memproduksi yang terbaik. Pesawat tempur menjadi sarana transportasi udara untuk melindungi kedaulatan negara melalui udara. Berikut ini terdapat daftar pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini.

U.S. Air Force handout photo of two F-22 stealth fighters

Berikut Daftar Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia Saat Ini

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon merupakan jenis pesawat tempur yang diproduksi di empat negara berbeda yakni Italia, Spanyol, Jerman, dan Inggris. Pesawat ini menjadi andalan negara-negara Eropa untuk bertempur di udara serta menemukan sasaran di daratan berkat teknologi radar yang canggih. Untuk persenjataan Eurofighter Typhoon dilengkapi dengan berbagai senjata rudal canggih dengan teknologi modern. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum 2 Mach (2 kali kecepatan suara / 2.124 km/jam) di ketinggian 252, 253, dan 254 meter.

F-22 Raptor

F-22 Raptor merupakan pesawat tempur siluman buatan dari Lockheed Martin yang menjadi andalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimal supersonic 2,42 Mach / 2.575 km/jam di ketinggian. Selain terbang sangat cepat, F-22 Raptor mempunyai kemampuan untuk menghilang dari radar musuh. F-22 Raptor dilengkapi dengan persenjataan canggih seperti radar canggih, teknologi rudal canggih dari udara ke udara, udara ke darat, serta gatling gun.

Sukhoi Su-35

Tidak mau kalah dengan negara di Eropa maupun Amerika Serikat, Rusia juga menciptakan pesawat tempur canggih yang diberi nama Sukhoi Su-35. Pesawat ini diciptakan untuk menandingi pesawat tempur canggih besutan Amerika Serikat, dan negara lainnya. Sama seperti pesawat di atas, Sukhoi Su-35 menjadi andalan AU Rusia. Sukhoi Su-35 dilengkapi dengan berbagai senjata seperti berbagai jenis rudal udara, rudal darat, gatling gun, serta, radar canggih. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum 2.390 km/jam pada ketinggian. Sukhoi Su-35 terkenal dengan kelincahannya di udara.

F-35 Lightning II

Pesawat tempur tercanggih berikutnya adalah F-35 Lightning II yang diproduksi oleh Lockheed Martin. Pesawat ini menjadi andalan AU Amerika Serikat dan dapat dibilang sebagai pesawat tempur termahal saat ini. F-35 Lightning II memiliki kemampuan canggih dengan sistem radar yang mampu melacak musuh. Selain itu pesawat ini juga memiliki kemampuan siluman untuk menghindar radar dari musuh. Persenjataan F-35 Lightning II seperti gatling gun, rudal udara, rudal darat, serta berbagai jenis bom. Kecepatan maksimum F-35 Lightning II mencapai 2.065 km/jam di ketinggian.

F-16 Fighting Falcon

Sama seperti pesawat tempur di atas, F-16 Fighting Falcon juga diproduksi untuk negara sekutu Amerika Serikat. Pesawat canggih ini telah digunaan 25 negara di dunia berkat keampuhannya. F-16 Fighting Falcon merupakan pesawat dengan mesin tunggal yang mampu terbang dengan kecepatan maksimum 2.410 km/jam dengan membawa sejumlah persenjataan canggih. Persenjataan tersebut meliputi rudal udara, rudal darat, bom, gatling gun, serta kemampuan radar canggih untuk melacak musuh.

Nah itulah tadi beberapa pesawat tempur tercanggih saat ini yang menjadi andalan masing-masing negara di dunia. Untuk pesawat tempur lainnya seperti Chengdu J-10 menjadi andalan AU China, Dassault Raffale menjadi andalan AU Perancis, Mikoyan Mig-35 menjadi andalan AU Rusia, Saab JAS 39 “Gripen” menjadi andalan AU Swedia.

loading...
terms: pesawat tempur tercanggih saat ini