Pertolongan Pertama Diare Pada Anak dengan Tepat

By Categories : Kesehatan

Diare merupakan salah satu gangguan pada perut yang sering dialami oleh anak-anak terutama pada bayi dan balita. Diare pada anak sendiri dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan anak jika tidak segera ditangani. Akibat diare yang perlu Anda ketahui antara lain diare dapat menyebabkan anak kehilangan sejumlah cairan dan elektrolit dalam tubuh karena diare yang cair dan muntah-muntah. Tak hanya itu saja, diare juga dapat menyebabkan dehidrasi pada anak.

Pertolongan Pertama Diare Pada Anak dengan Tepat

Dehidrasi yang berat dapat membuat berat badan anak turun 10% dan ia pun akan mengalami haus berat, lemas hingga dapat menyebabkan kematian. Lantas apa saja penyebab dari diare itu sendiri? Pada umumnya ada beberapa penyebab diare antara lain virus dan bakteri, virus dan bakteri tersebut dapat menyerang anak melalui makanan tercemar yang ia konsumsi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Menurut dr Emma Nurhema, SpA, dokter spesialis anak RSUP Persahabatan, berikut adalah pertolongan pertama diare pada anak dengan tepat.

Beberapa cara mengatasi diare pada anak yang dapat Anda lakukan

Memberikan oralit

Sudah menjadi rahasia umum jika oralit merupakan salah satu ramuan yang sering digunakan untuk mengatasi diare. Oralit merupakan minuman yang terbuat dari air campuran gula dan garam. Seperti yang kita ketahui, saat anak mengalami diare tubuh akan kehilangan garam yang ada di dalam tubuhnya melalui diare cair. Oleh karena itu, berikanlah larutan oralit agar tubuh anak tetap terhidrasi dengan baik. Mungkin Anda perlu sedikit memaksa mereka untuk meminum larutan ini, karena rasanya yang tidak enak.

Berikan makanan bernutrisi

Tak hanya cairan tubuh saja yang hilang akibat diare, nutrisi dalam tubuh juga akan ikut hilang ketika akan mengalami masalah kesehatan ini. Oleh karena itu Anda harus mengimbanginya dengan memberikannya makanan yang bernutrisi. Seorang anak yang diare juga biasanya enggan mengonsumsi makanan yang biasa, sebaiknya berikanlah dia makanan lunak seperti bubur, pisang ataupun apel kukus. Makanan tersebut mampu menggantikan nutrisi yang hilang akibat diare.

Cukupi cairan dalam tubuh

Pertolongan pertama diare pada anak selanjutnya adalah mencukupi cairan alam tubuh. Air putih yang ia konsumsi dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Akan tetapi sebaiknya jangan hanya memberikannya air putih, ini karena air putih saja tidak dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Untuk mengimbanginya Anda dapat memberikan si kecil teh manis.

Bawalah ke dokter

Jika diare yang dialami anak Anda merupakan diare yang berat dan terjadi hingga 1-2 hari, maka salah satu jalan adalah segera membawanya ke dokter. Dengan segera membawanya ke dokter, tentu saja ini akan memperkecil resiko anak mengalami hal yang tidak di inginkan.

Nah itulah pertolongan pertama diare pada anak yang dapat Anda lakukan. Baca juga artikel mengenai Cara agar anak mau makan sayur dan buah.

Loading...