Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sebaiknya Dihindari

By Categories : Tips

Mendapatkan panggilan kerja tentu saja hal yang menggembirakan bagi para pencari kerja. Sayangnya, untuk melewati tahapan yang satu ini tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Hal dikarenakan para personalia atau HRD tentu saja akan mempertimbangkan dan memperhatikan para pencari kerja mulai dari nilai, kemampuan dan jawaban interview untuk menentukan kelulusan seseorang dalam wawancara kerja. Wawancara kerja adalah salah satu tahapan paling penting yang menentukan seseorang untuk diterima bekerja atau tidak di sebuah perusahaan yang ia lamar.

Pertanyaan Wawancara Kerja

Salah satu cara untuk menunjukkan kemampuan mereka agar terlihat potensial adalah dengan cara melontarkan berbagai macam pertanyaan. Namun, meskipun disarankan untuk bertanya, akan tetapi ada beberapa pertanyaan wawancara kerja yang sebaiknya dihindari untuk ditanyakan.  Bagi seseorang yang akan interview, hal ini sebaiknya diperhatikan agar wawancara kerja Anda bisa lancar. Lantas pertanyaan apa saja yang sebaiknya tak ditanyakan saat wawancara kerja? Berikut ulasannya.

Daftar pertanyaan wawancara kerja yang sebaiknya tak ditanyakan

Pekerjaan yang dilamar

Yang pertama adalah pekerjaan apa yang dilamar. Sudah seharusnya seorang pencari kerja mengetahui secara jelas pekerjaan apa yang dilamarnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari pertanyaan ini agar tidak terkesan kurang cerdas dan potensial. Sebaiknya tanyakan saja apa saja tugas-tugas yang biasanya dikerjakan dalam kesehariannya.

Hindari pertanyaan yang mencurigakan

Yang kedua adalah dengan cara menghindari pertanyaan  yang mencurigakan. Salah satu contoh pertanyaan mencurigakan yang harus dihindari adalah menanyakan apakah penerimaan karyawan baru harus melalui tes narkoba. Pertanyaan seperti itu tentu saja dapat membuat pihak perusahaan mengira bahwa Anda takut diperiksa. Selain itu hindari pula melontarkan pertanyaan bernada candaan. Karena hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda tidak profesonal.

Menanyakan potensi Anda dapat pekerjaan

Pertanyaan wawancara kerja yang harus dihindari selanjutnya adalah menanyakan potensi Anda dapat pekerjaan sekalipun yang mewawancarai adalah orang terdekat Anda. Karena hal ini dapat mengesankan bahwa Anda terlalu percaya diri dan tidak profesional. Ada baiknnya untuk mengurungkan niat menanyakan hal tersebut dan menunggu pengumuman penerimaan. Namun untuk mengurangi rasa penasaran Anda bisa menanyakan apakah ada sesuatu yang salah dengan CV ataupun kemampuan Anda.

Menanyakan nominasi gender

Berikutnya adalah dengan menanyakan nominasi gender. Ketika melamar pekerjaan dalam bidang ataupun mesin, para wanita pastinya bertanya-tanya apakah lingkungan kerja tersebut didominasi oleh pria. Jika penasaran Anda juga bisa menanyakan hal tersebut, namun sebaiknya dengan harus hati-hati dalam menanyakannya. Sebagai contoh pertanyaan untuk menanyakan nominasi gender Anda bisa melontarkan pertanyaan seperti “bagaimana dengan rasio gender yang ada di perusahaan ini?” pertanyaan ini tentu saja terdengar lebih halus dan profesional.

Demikianlah ulasan mengenai daftar pertanyaan wawancara kerja yang sebaiknya dihindari.

Baca juga pakaian untuk interview kerja yang baik dan sopan.

loading...