Persiapan Pernikahan Islami

By Categories : Umum

Menikah merupakan sebuah hal yang sakral yang harusnya tak pernah dilupakan oleh setiap orang di dunia ini. Karena di dalam sebuah pernikahan mengandung banyak sekali makna yang ada di dalamnya. Baik yang merupakan makna tersurat yang dapat kita rasakan dengan mata kita maupun makna tersembunyi yang hanya akan dirasakan oleh mempelai berdua. Dengan kenyataan yang seperti ini maka tidak salah memang jika pada akhirnya banyak orang yang mempersiapkan sedemikian rupa perihal persiapan menjelang pernikahan yang akan mereka lakukan.

Persiapan-persiapan tersebut pun sangat beragam mulai pada pernikahan yang menggunakan tata cara tradisi hingga yang mengacu pada tuntunan dalam agama. Nah, untuk kali ini, saya sengaja memilihkan tema yang kedua yakni sebuah pernikahan yang mengacu pada ajaran agama khususnya dalam hal ini adalah persiapan pernikahan islami. Jadi bagi anda yang menginginkan untuk membuat sebuah konsep pernikahan yang mengacu pada tuntunan islam, maka ada baiknya jika anda membaca beberapa ulasan yang akan saya hadirkan berikut ini dengan seksama.

  1. Hal pertama yang harus anda pikirkan ketika ingin membuat sebuah konsep pernikahan yang islami adalah dengan mempelajari tatacara pernikahan islam yang benar. Perlu anda garis bawahi di sini bahwa di dalam agama Islam, yang menjadi tolok ukur tentang keabsahan sebuah pernikahan bukanlah terletak pada pesta yang memeriahkan pernikahan tersebut, melainkan dari terlaksananya aturan-aturan yang telah ditentukan atau mengacu pada syar’i.Persiapan Pernikahan Islami
  2. Kostum pernikahan bertemakan islami. Bagi seorang pengantin, maka gaun pernikahan pun penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini tak terkecuali pada pernikahan berkonsep islami. Yang perlu diperhatikan di sini adalah konsep gaun pernikahan yang dipilih haruslah sesuai dengan adab berpakaian yang telah ditentukan dalam islam. Faktanya, saat ini banyak model gaun pernikahan yang seolah seperti mengacu pada islam dengan tertutup atau lengan panjang dan disertai dengan kerudung variasi, namun tidak sesuai karena gaun pernikahan tersebut menampilkan bentuk tubuh dari sang mempelai. Jadi untuk yang satu ini, sangat penting untuk anda perhatikan.
  3. Dalam tradisi masyarakat Indonesia khususnya yang bermukim di desa. Maka dalam sebuah resepsi pernikahan ada yang namanya tradisi ‘Bowoh’ atau memberikan uang ke pada sang mempelai atau yang punya hajat. Sepintas hal ini merupakan sebuah tradisi yang menunjukkan adanya kegotongroyongan dalam kelancaran acara, namun sebenarnya jika kita telaah hal ini bertentangan dengan ajaran islam. Karena pada dasarnya banyak tamu undangan yang memaksakan diri untuk melakukannya. Sehingga, hal ini jika anda menginginkan acara pernikahan dengan konsep islami maka tradisi semacam ini harus anda hilangkan pada acara resepsi pernikahan anda.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian tentang persiapan pernikahan islami di atas, semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Khususnya bagi anda yang ingin melangsungkan pernikahan yang mengambil konsep islami.

terms: persiapan pernikahan