Permainan Unik Matematika untuk Merangsang Minat Belajar

By Categories : Pendidikan

Permainan unik matematika untuk merangsang minat belajar merupakan salah satu solusi agar anak-anak tidak membenci mata pelajaran satu ini. Dalam dunia sehari-hari, penggunaan matematika sangat penting karena hampir semua segala aspek kehidupan membutuhkan matematika. Anda pergi ke pasar dan melakukan transaksi jual beli, pasti membutuhkan ilmu matematika. Anda menjadi seorang insinyur, tentu saja membutuhkan matematika. Bahkan dalam setiap transaksi yang dilakukan, kita tidak akan lepas dari matematika.

permainan matematika unik

Matematika yang begitu vital bagi kehidupan tentu merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Namun sayangnya pada saat anak-anak masih dalam usia belajar, banyak yang menjadikan matematika sebagai momok menakutkan karena banyaknya kompleksitas yang harus dihadapi. Tidak jarang mereka yang membenci matematika memiliki ketakutan berlebihan bahkan jauh sebelum pelajaran dimulai. Perasaan takut inilah yang akan menghalangi proses belajar mengajar. Pada titik ini, peran aktif seorang guru sangatlah dibutuhkan. Metode pembelajaran yang mampu menarik minat siswa sehingga menjadi giat dan aktif mengikuti pelajaran akan sangat dibutuhkan. Namun sayang banyak tenaga pendidik di Indonesia yang tidak menyadari akan masalah ini.

Kesalahan metode mendidik siswa yang justru membuat siswa enggan untuk mempelajari matematika harus segera diatasi dengan solusi yang tepat. Salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu membuat matematika menjadi sebuah permainan. Banyak permainan yang bisa digunakan untuk menarik minat anak-anak dalam belajar matematika, salah satu contohnya yaitu permainan tebak umur. Cara bermain permainan ini cukup gampang, yaitu :

  1. Cari target yang hendak ditebak umurnya
  2. Perintahkan target untuk mengalikan tanggal lahirnya sebanyak 5 kali.
  3. Hasil yang didapatkan dijumlahkan dengan angka 6
  4. Hasil penjumlahan dikalikan sebanyak 4 kali
  5. Hasil yang didapatkan pada langkah ke 4 ditambah dengan angka 9
  6. Hasil yang sudah ditambahkan dikalikan lagi sebanyak 5 kali
  7. Kemudian hasil akhir yang diperoleh ditambahkan dengan bulan kelahiran, misal januari adalah satu, maka tambahkan angka 1.
  8. Hasil final kemudian dikurangi dengan angka 165
  9. Maka, pada hasil akhir akan didapatkan empat angka. Dua angka pertama adalah tanggal lahir target anda, dan dua angka terakhir adalah bulan kelahiran sang target

Disamping mengembangkan berbagai permainan seperti langkah di atas, membuat permainan matematika di dalam kelas dengan seluruh siswa ikut berpartisipasi juga sangat baik dalam meningkatkan minat belajar sang siswa. Misalkan di dalam kelas dibentuk beberapa anggota kelompok, dan dibuat seolah-olah melakukan pertandingan matematika antar kelompok. Dan satu kelompok ditunjuk sebagai moderator sekaligus team mengkoreksi jawaban. Dalam permainan ini para siswa hanya dibatasi 5 menit untuk memikirkan sebuah jawaban. Waktu yang singkat akan membuat sang anak semakin berpacu dalam menemukan jawaban. Tanpa disadari mereka akan terlibat aktif dalam mempelajari matematika. Permainan unik matematika untuk merangsang minat belajar sebenarnya mudah diterapkan asalkan mengetahui metode yang tepat.

Loading...
terms: permainan matematika, contoh permainan dalam pembelajaran matematika, game matematika, contoh permainan matematika, games matematika, permainan dalam pembelajaran matematika, contoh game matematika, permainan dalam kelas matematika