Permainan Anak yang Mendidik dan Aman

By Categories : Tips

Permainan anak yang mendidik tentu diinginkan oleh semua orang tua. Anak-anak merupakan pribadi yang unik karena kita tidak pernah mengetahui apa yang diinginkan dan apa yang dipikirkan saat mereka sedang bermain. Bermain merupakan hal yang paling disukai oleh anak-anak, karena dengan bermain mereka akan mendapatkan kesenangan serta mendapatkan pendidikan.

Pelajaran pertama yang anak-anak kenal adalah bermain. Sesuai dengan tumbuh kembang mereka, permainan anak juga mengalami perubahan sesuai dengan usia anak tersebut. Mainan sebenarnya tidak hanya sebuah benda yang menemani anak dalam bermain. Jika dilihat secara psikologis, mainan akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Untuk itu, para orang tua harus pandai memilih permainan anak yang mendidik dan tentunya aman.

Pemilihan permainan yang tepat sesuai dengan usia anak dapat membantu tumbuh kembang anak dan mengasah kecerdasan otak anak. Selain itu intelegensi anak dalam memahami sebuah permainan juga dapat Anda ketahui. Itulah alasan mengapa orang tua harus memilih permainan yang edukatif dan aman digunakan.

permainan anak yang mendidik

Mainan edukatif harus dipilih orang tua untuk dapat menstimulasi serta mengembangkan rasa percaya diri anak. Mainan anak edukatif dapat Anda beli dimana-mana, Anda dapat membelinya langsung ke toko mainan atau secara online. Namun sekali lagi Anda harus teliti dan tidak boleh salah pilih.

Tips Memilih Permainan Anak yang Mendidik

Bentuk, jenis serta alat permainan yang ada memang sangat beragama dan mudah untuk ditemui. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat khususnya pada media elektronik seperti gadget. Berbagai jenis permainan tertanam pada media komunikasi tersebut. Namun tidak semua permainan yang ada baik untuk dimainkan oleh anak kecil. Berikut ini beberapa tips memilih permainan anak edukatif dan manfaat yang bisa didapatkan oleh anak.

Periksa Label Mainan

Dalam memilih mainan, faktor keamanan merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Anda pilih mainan yang edukatif dan sesuai dengan usia anak. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengecek label usia yang tertera di mainan tersebut. Berikan mainan yang sesuai dengan usia buah hati dan perhatikan setiap keterangan yang ada pada kemasan.

baca juga : psikologi perkembangan anak usia dini

Mainan yang Melatih Konsentrasi Anak

Tips memilih permainan anak yang mendidik selanjutnya adalah dengan memilih mainan yang dapat melatih konsentrasi anak. Ciri dari permainan edukatif adalah mampu meningkatkan kemampuan anak. Mainan yang dapat Anda pilih adalah puzzle, ini merupakan salah satu mainan yang disukai oleh anak-anak. Pilihlah puzzle dengan aneka gambar yang menarik seperti tumbuhan atau aneka satwa. Selain mengasa konsentrasi anak, permainan ini juga memberi pengetahuan kepada anak mengenai gambar yang mereka susun.

permainan anak yang mendidik1

Saat ini puzzle sudah sangat beragam untuk melatih kreativitas anak, salah satunya adalah puzzle 3D. Puzzle tersebut dapat berbentuk mainan rumah-rumahan. Jadi anak nantinya dapat menyusun bantal, guling dan berbagai benda lainnya di dalam rumah mainan tersebut.

Pilih Mainan yang Tidak Mudah Rusak

Bagi orang tua, memilih mainan yang tidak mudah rusak adalah penting. Pilih mainan yang cukup kuat dan terbuat dari bahan yang aman untuk anak. Saat ini banyak mainan anak murah dan tidak cukup aman untuk anak. Untuk itu sebagai orang tua Anda harus memperhatikan faktor kualitas demi kebaikan anak. Mainan yang kokoh dan tidak mudah lepas merupakan mainan yang cocok untuk dipilih karena mainan tersebut dapat menstimulasi motorik halus serta motorik kasar anak. Mainan yang edukatif harus dapat menstimulasi motorik halus saat dipegang menggunakan lima jari anak. Begitupun saat mainan diangkat ataupun digerakkan maka akan menstimulasi motorik kasar anak.

Mainan yang Melatih Bahasa dan Wawasan

Tips selanjutnya dalam memilih permainan anak yang mendidik adalah pilihlah mainan yang dapat dibarengi dengan cerita ataupun kisah. Cara ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa dan menambah wawasannya. Alternatif yang paling mudah dipilih adalah dengan memberikan buku cerita yang memiliki gambar-gambar menarik. Banyak sekali buku cerita yang dapat Anda beli di toko buku mulai dari usia 3 hingga 12 tahun. Jika buah hati masih balita maka Anda dapat memberikan mainan seperti benda yang memiliki berbagai macam bentuk serta warna. Dengan aneka bentuk dan warna dapat menambah pengetahuan untuk anak terutama mengenai warna.

Mainan yang Mengenalkan Sebab Akibat

Ada banyak sekali mainan yang mengenalkan sebab akibat. Anda tentu pernah melihat mainan berupa benda yang dapat dimasukan ke benda lainnya. Ini cukup baik untuk untuk anak agar mampu memahami jika benda yang lebih kecil dapat dimasukan dalam benda yang lebih lebar dan sebaliknya, benda yang berukuran besar tidak akan muat terhadap benda yang lebih kecil. Ini merupakan pembelajaran konsep sebab akibat yang harus anak ketahui.

baca juga : tips melatih anak berpuasa sejak dini

Itulah sebagian dari tips permainan anak yang mendidik dan aman yang perlu Anda ketahui.

Loading...