Perlombaan 17 Agustus untuk Anak-anak Paling Seru dan Menarik

By Categories : Umum

Perlombaan 17 Agustus seringkali dilakukan oleh para masyarakat untuk menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia. Nah bagi Anda yang bertanggung jawab mengenai perlombaan yang akan diadakan dan masih bingung mengenai lomba yang tepat, simak saja ulasan berikut ini. Karena kali ini akan membahas mengenai rekomendasi lomba 17 Agustusan untuk si kecil.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia. Mulai dari upacara bendera di sekolah atau dengan mengadakan lomba-lomba. Lomba-lomba tersebut biasa di selenggarakan RT-RW setempat. Beberapa lomba yang sering memeriahkan HUT kemerdekaan RI adalah panjat pinang, tarik tambang, lomba lari hingga balap karung.

Namun beberapa lomba tersebut tentu saja diperuntukkan hanya bagi orang dewasa. Anak-anak pastinya tak akan sanggup jika melakukan beberapa lomba tersebut. Padahal, anak-anaklah yang memiliki antusias tinggi untuk mengikuti setiap perlombaan. Jika lomba seperti menghias sepeda, makan kerupuk, menggambar dan menyanyi sudah biasa,  Anda bisa menyimak beberapa referensi lomba berikut ini. Di samping agar perayaan 17 Agustus lebih meriah, lomba-lomba ini juga cukup seru jika diikuti oleh anak-anak.Perlombaan 17 Agustus untuk Anak-anak Paling Seru dan Menarik

Rekomendasi Perlombaan 17 Agustus untuk Anak-anak

Menghafal Teks Proklamasi

Sesuai dengan temanya, lomba menghafal teks proklamasi untuk anak-anak juga sangat disarankan. Dalam lomba yang satu ini setiap pemain akan diberikan waktu tertentu untuk menghafal teks proklamasi. Dengan adanya lomba ini, anak-anak tentu saja akan lebih sadar tentang makna kemerdekaan. Dan yang akan jadi pemenang, tentu saja bagi anak yang berhasil menghafal teks proklamasi dengan benar dan lancar.

Baca juga Pantai terindah di Jawa Timur paling populer

Perang Bantal

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengikuti perlombaan ini kok. Tak harus di kolam renang, memanfaatkan kolam plastik juga bisa membuat permainan ini semakin seru dan menantang. Cara bermainnya pun sangat mudah, letakkan batang bambu di atas sebuah kolam, dan para peserta akan berusaha menjatuhkan lawan dengan mengunakan bantal ataupun guling. Seseorang yang berhasil menjatuhkan lawannya di kolamlah yang akan menang.

Lomba Adzan

Selain menghafal teks proklamasi, lomba membaca Al quran dan adzan juga dapat Anda jadikan rekomendasi. Lomba ini tentu saja dapat membuat anak-anak bisa menghafal adzan. Selain menyenangkan, kedua lomba tersebut juga dapat membuat anak-anak tahu akan pentingnya mengaji baik di dunia ataupun di akhirat.

Lomba Tutorial Memakai Kerudung

Jika anak laki-laki lomba adzan, maka anak perempuan bisa lomba tutorial memakai kerudung. Untuk kriterianya pun cukup sederhana. Yaitu Anda bisa melihat kecepatan dan kerapihan yang dihasilkan. Untuk modelnya pun bisa menjadi bahan pertimbangan guna menentukan pemenang.

Lomba Memasukkan Benang ke Lubang Jarum

Berikutnya adalah lomba memasukkan benang ke dalam lubang jarum. Meskipun sangat sederhana, namun lomba ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Lomba memasukkan benang ke lubang jarum membuat anak lebih mudah fokus dan memusatkan pikiran. Untuk jarumnya sendiri Anda bisa menggunakan jarum jahir pakaian dengan berbagai ukuran yang ada.

Lomba Menggiring Bola dengan Terong

Perlombaan 17 Agustus selanjutnya yang cocok dilakukan oleh anak-anak adalah lomba menggiring bola dengan menggunakan terong. Jika biasanya sepak bola digiring dengan kaki, maka kali ini anak-anak harus menggiring bola sampai gawang dengan menggunakan terong. Meskipun terlihat susah, namun permainan ini cukup menyenangkan. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengikatkan terong dan menggantungkannya ke pinggang.

Sepeda Lambat

Biasanya orang akan berlomba-lomba agar bisa sampai ke garis finish. Namun berbeda dengan permainan yang satu ini. Permainan sepeda lambat, mengharuskan peserta mengayuh sepeda dengan lambat dan harus menjaga keseimbangan. Dan peserta yang paling terakhir sampai titik finish akan menjadi pemenangnya.

Tak hanya dilombakan di sekolah saja, lomba ini juga di adakan di kampung-kampung. Dan biasanya permainan ini terdiri dari beberapa babak, dimana setiap babak diikuti oleh 5 hingga 10 orang, tergantung luas lapangan yang dikenakan.

Joged Balon

Berikutnya adalah joged balon. Cara memainkannya pun mudah sekali, pastikan para peserta berpasang-pasangan dan setiap pasangan saling berhadapan dengan mengapit balon di bagian dada, dahi dan perut sambil bergoyang berdasarkan lagu yang diputar. Pemenangnya adalah pasangan yang paling bertahan lama dengan balon yang masih dalam keadaan utuh. Bagaimana? Sangat mengasyikkan bukan?

Lomba Mengumpulkan Uang Logam

Lomba mengumpulkan uang logam dengan cara mengigitnya sebenarnya sudah biasa dan sering dilakukan di kampung-kampung. Sehingga tak ada salahnya jika Anda pun mencoba mengadakan lomba yang satu ini.

Caranya, panitia harus menggantungkan jeruk atau semangka besar yang sudah dilapisi oleh cokelat dan ditancapkan koin. Dan para peserta diharuskan untuk mengambil koin tersebut dengan cara mengigitnya. Peserta yang berhasil mengumpulkan banyak koin lah yang akan menjadi pemenang.

Baca juga kostum negara terbaik di upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016

Demikianlah ulasan mengenai perlombaan 17 Agustus untuk anak-anak paling seru dan menarik

loading...
terms: permainan 17 agustus yang seru