Tips Naik Gunung Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

By Categories : Tips

Pendakian gunung menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Terlebih di Indonesia banyak sekali gunung yang dijadikan sebagai destinasi untuk pendakian, misalnya gunung Bromo. Aktivitas tersebut menjadi hal yang menyenangkan sekaligus seru, karena dapat menikmati indahnya pegunungan setelah berada di atas ketinggian. Namun untuk mendaki gunung, diperlukan fisik dan mental yang kuat serta persiapan yang matang.

Daftar Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

Saat melakukan pendakian banyak sekali rintangan yang perlu dihadapi dengan baik. Persiapan peralatan, serta bahan makanan sangat dibutuhkan ketika istirahat, Untuk menunjang sampai ke puncak, jangan lupa untuk membawa perlengkapan naik gunung yang dibutuhkan. Nah berikut adalah ulasan yang bisa Anda ikuti untuk menunjang aktivitas pendakian gunung.

Daftar Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

Tenda

Tenda merupakan salah satu barang yang tidak boleh ketinggalan saat melakukan pendakian. Tenda memiliki peranan yang sangat penting yang digunakan untuk berisitirahat. Untuk itu jangan lupa membawa tenda yang memiliki ventilasi. Ventilasi pada tenda berguna untuk sirkulasi udara, sehingga kelembaban tidak tertahan di dalamnya. Di samping tenda, jangan lupa juga membawa sleeping bag dan perlengkapan tidur lainnya.

Pakaian Hangat

Perlengkapan naik gunung berikutnya adalah pakaian hangat. Udara di atas gunung tentu sangat dingin sekali, nah untuk itu sebaiknya Anda membawa pakaian hangat. Pakaian hangat gunung yang pada umumnya dirancang untuk para pendaki. Biasanya jaket gunung terbuat dari bahan parasite taslan untuk luarnya, sedangkan untuk bagian dalamnya berbahan polar. Dengan begitu suhu tubuh akan terjaga tetap hangat.

Sepatu Gunung, Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Setelah pakaian hangat, barang wajib berikutnya yang wajib untuk dibawa adalah sepatu atau sandal gunung, kaos kaki dan sarung tangan. Ketiganya diperlukan ketika melakukan pendakian, serta menjaga tubuh agar tetap hangat. Pilihlah sandal atau sepatu gunung sesuai dengan ukuran kaki Anda agar nyaman saat proses pendakian. Selain itu jangan lupa untuk mengenakan kaos kaki dan sarung tangan untuk tetap hangat saat menjelang malam dan pagi.

Membawa P3K

Membawa P3K merupakan perlengkapan naik gunung selanjutnya yang wajib bagi para pendakian. Setiap orang tentu tidak ingin terjadi hal-hal yang bersifat ngatif. Namun setidaknya P3K tetap dibawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi ketika proses pendakian berada di alam bebas yang tidak bisa diprediksi.

Peralatan untuk Memasak

Ketika berada di puncak tentu tidak ada warung makan, untuk itu sebaiknya para pendaki membawa peralatan untuk memasak seperlunya saja. Selain peralatan masak seperlunya, jangan lupa untuk membawa bahan makanan. Bahan makanan yang biasa dibawa seperti mie instan, roti, dan juga makanan instan lainnya. Yang terpenting ketika memasak jangan sampai merusak lingkungan.

Ransel Khusus Gunung

Barang-barang di atas tidak akan berguna jika tidak ada barang yang satu ini yakni ransel gunung. Ransel gunung ini berperan penting untuk membawa barang-barang di atas. Perlengkapan banyak menjadikan ransel khusus pendakian ini sangat cocok untuk dibawa. Oleh sebab itu bagi para pendaki, ransel merupakan barang pokok yang wajib dibawa.

Itulah tadi pembahasan mengenai perlengkapan naik gunung yang wajib dibawa yang perlu diperhatikan.

Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Tips backpacker ke gunung Bromo.

loading...
terms: peralatan yg haus di bawa mendaki buat cewe