Peringatan Hari Ibu Unik di Beberapa Negara di Dunia

By Categories : Umum

Hari ibu merupakan salah satu momentum penting bagi seluruh masyarakat di dunia. Ini sebagai ungkapan rasa sayang atau cinta terhadap sang ibu yang telah melahirkan kita. Namun setiap negara memiliki cara yang berbeda untuk memperingati hari yang dirayakan pada 22 Desember ini.

Biasanya dalam perayaan hari ibu di Indonesia, mereka membebaskan para ibu untuk pekerjaan rumah tangga, kemudian memberikan ucapan rasa cinta dan memberikan kado seperti bunga, barang kesukaan, dan kue.  Selain itu ada juga  yang merayakannya dengan menyelenggarakan berbagai macam kompetisi.

Hari Ibu Unik

Awalnya hari ini diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno bersamaan dengan pembukaan Kongres Perempuan Indonesia pertama. Hari ibu ini dirayakan dengan tujuan merayakan semangat perempuan Indonesia.

Berikut peringatan hari ibu di beberapa negara di dunia

Jepang

Negara ini terkenal dengan kuliner ramen Sapporo yang biasa digunakan untuk memperingati hari ibu, yakni “Hano no hi”. Di Jepang, hari ibu dirayakan setiap minggu ke dua di bulan Mei. Perayaan hari ibu di Jepang sama dengan negara lainnya seperti Hongkong, Malaysia, Kanada, Australia, Italia, dan Taiwan. Di Jepang perayaan hari ibu biasanya memberikan hadiap berupa ucapan, bunga, cokelat, da handicraft.

Timur Tengah

Di negara-negara Timur Tengah peringatan hari ibu beralngsung setiap tanggal 21 Maret di setiap tahunnya. Peringatan ini pertama kali dicanangkan oleh seorang jurnalis Mesir, Mustafa Amin pada 21 Maret 1956.

Berawal dari kisah seorang ibu yang berhasil membesarkan anaknya sampai menjadi seorang dokter. namun setelah ia dewasa dan sukses justru meninggalkan ibunya tanpa ada rasa terima kasih. Dari kisah ini jurnalis tersebut merasa perlu adanya peringatan hari ibu.

Spanyol

Negara yang memiliki arsitektur bangunan ini biasanya merayakan hari ibu pada 8 Desember di setipa tahunnya. Setiap perayaannya, masyarakat Spanyol selalu memberikan kartu istimewa dan beberapa hadiah lainnya. Uniknya, hadoah tersebut dibuat sendiri sesuai kreatifitas anak. Setelah itu mereka berkumpul bersama untuk acara makan bersama keluarga.

India

Masyarak India sebagian besar merupakan enganut agama Hindu. Mereka biasanya merayakan hari ibu di bulan Oktober dan bertepatan dengan Festifal Durga Puja. Durga merupakan Dewa yang akan melindungi umat Hindu dai segala kejahatan dan umat Hindu mengenalnya sebagai Ibu jagad raya. Dalam peringatan hari ibu di India, para ibu biasanya akan mendapatkan undangan khusus untuk menikmati makan bersama.

Yunani

Masyarakat di negara Yunani merayakan hari ibu pada saat musim semi. Yang unik adalah mereka memberikan hadiah berupa bunga dan madu, serta makanan dan minuma. Hadiah tersebut setelah itu akan diberikan kepada Rhea atau Ibu dari segala Dewa. Ini dilakukan saat pagi hari sebelum matahari terbt.

Peringatan hari ibu merupakan bentuk ucapan terima kasih untuk ibu dari anak karena telah membesarkan dan mendidik secara baik.