Perbedaan Visi dan Misi

By Categories : Umum

Setiap organisasi, sekolah atau perusahaan tentu memiliki visi dan misi yang berbeda-beda. Hal ini sama seperti manusia yang memerlukan visi dan misi untuk menjalankan kehidupannya. Secara umum keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu diketahui. Biasanya visi dan misi dipasang di tempat yang mudah untuk dibaca, sebagai contoh visi dan misi sekolah dipajang di depan kelas maupun di depan perpustakaan.

Perbedaan Visi dan Misi

Setiap anggota organisai, karyawan perusahaan, atau siswa dituntut untuk menjalankan visi dan misi yang sudah ditetapkan. Dengan adanya visi dan misi, tujuan menjadi lebih jelas untuk dicapai. Nah lalu apa yang membedakan keduanya antara visi dan misi? Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa itu perbedaan visi dan misi, langsung saja ikuti pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Perbedaan Visi dan Misi

Sebelum mengetahui apa perbedaan visi dan misi sebaiknya mengetahui definisi mengenai keduanya. Visi merupakan pandangan jauh mengenai sesuatu yang ada di perusahaan, kelompok organisasi, sekolah, sampai dengan lembaga-lembaga tertentu yang bisa diartikan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan di masa yang akan datang. Persyaratan untuk sebuah visi diantaranya seperti melihat pandangan atau berorientasi ke depan, tidak dibangun dalam kondisi saat ini, menonjolkan kreatifitas, sampai dengan menganut prinsip-prinsip pada kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan misi adalah pernyataan yang sudah dibuat yang harus dilakukan, dilaksanakan untuk mendapatkan dan mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Setiap misi pada suatu perusahaan, organisasi, dan sekolah memiliki perbedaan masing-masing. Pada misi terdapat batasan yang tidak boleh dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut dengan rasa tanggung jawab. Misi pada suatu organisasi, perusahaan, sekolah, instansi, lembaga menjadi salah satu tujuan kenapa semua perusahaan, lembaga, sekolah itu dibangun.

Untuk menentukan visi sama saja dengan menentukan sebuah tujuan dan cita-cita yang ingin diperoleh. Sedangkan untuk misi seperti pada penjelasan di atas bahwa untuk langkah yang perlu dilakukan dalam menggapai sebuah visi. Jadi dapat dibilang visi dan misi berkesinambungan atau saling terhubung satu sama lain untuk mencapai tujuan yang baik.

Contoh visi dan misi dapat dilihat seperti berikut ini.

Visi pada sekolah

Menjadi suatu sekolah bertaraf Internasional yang memiliki wawasan luas mengenai ilmu pengetahuan dan juga teknologi dengan mengutamakan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa disertai dengan lingkungan yang aman, kondusif, dan juga memberikan kontribusi pendidikan yang baik dan benar.

Misi pada sekolah

  • Menumbuhkan kegemaran akan membaca, mengetahui hal-hal baru, dan juga berkarya sesuai bakat yang dimiliki.
  • Memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap peraturan yang sudah ditentukan oleh sekolah.
  • Menjaga kondisi proses belajar mengajar kondusif dan menyenangkan dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan tekologi.
  • Meningkatkan kualitas belajar setiap harinya agar proses belajar lebih efektif dan efisien.

Nah demikianlah tadi beberapa perbedaan visi dan misi yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Tips menggali potensi diri.

Loading...