Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

By Categories : Pendidikan

Pada dasarnya sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang mendasar. Hewan maupun dan tumbuhan diklasifikasikan dengan kingdom yang berbeda-beda. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa hal yang membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Nah lalu apa saja perbedaan mengenai keduanya? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Beberapa Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel Hewan :

  • Tidak mempunyai dinding sel
  • Mempunyai vakuola dengan ukuran kecil
  • Tidak mempunyai plastisida
  • Mempunyai sentriol

Sel Tumbuhan :

  • Mempunyai dinding sel
  • Mempunyai vakuola dengan ukuran besar
  • Mempunya plastida (kloroplas, kromoplas, dan leukoplas)
  • Tidak mempunay sentriol

Penjelasan Sel Hewan :

Sentriol

Sentriol pada sel hewan merupakan sepasang struktur yang menyerupai silinder dengan mempunyai lubang tengah. Sentriol ini tersusun atas protei mikrotubulus. Untuk letak setiap anggota pasangandari sentriol biasanya di posisi menyudut dengan arah kanan satu sama lain. Adapun fungsi dari sentriol ini adalah mengatur dalam pemisahan kromosom disaat terjadinya proses pembelahan serta mengatur kutub pembelahan pada sel hewan.

Vakuola

Vakuola terdapat pada beberapa hewan bersel satu seperti amoeba dan paramecium. Untuk parameciu memiliki dua macam vakuola, yakni:

  1. Vakuola nonkontraktil yang berfungsi untuk mencerna makanan, sehingga dapat disebut sebagai vakuola makanan.
  2. Vakuola Kontraktil merupakan vakuola berdenyut yang sekaligus menjadi ciri khas hewan dengan sel satu yang hidup diperairan air tawar. Vakuola ini berfungsi dalam menjaga tekanan osmotik sitoplasma. Vakuola ini juga disebut dengan alat osmoregulato.

Penjelasan Sel Tumbuhan :

Dinding Sel

Dinding sel merupakan bagian yang letaknya paling luar dari sel. Dinding sel pada tumbuhan berfungsi untuk pelindung sekaligus penunjang sel pada tumbuhan. Untuk dinding primer terbentik ketika sel sedang membelah. Sementara proses dimana sel telah mengalami proses penebalan akan berubah menjadi dinding sekunder.

Plastida

Plastida merupakan organel yang berbentuk dan bermembran lengkap yang memiliki fungsi macam-macam. Organel ini dapat ditemukan hanya pada sel tumbuhan yang berbentuk dengan butir dengan kandungan pigmen. Di dalam perkembangannya proplastida yang merupakan hasil perkembangan dari badan kecil memiliki 3 tipe, yakni :

  1. Kloroplas yang merupakan organel yang memiliki kandungan klorofil. Klorofil sendiri berfungsi untuk terjadinya proses fotosintesin pada tumbuhan.
  2. Kromoplas merupakan plastid yang memberikan ragam warna misal pigmen dengan warna kuning, warna merah, warna oranye, dan lain sebagainya.
  3. Leukoplas merupakan plastida yang tidak memiliki warna atau dengan warna putih. Secara umum leukoplas terletak pada organ tumbuhan yang tidak terpapar oleh sinar matahari. Leukoplas masih dibedakan menjadi 3 macam yakni Amiloplas yang berfungsi untuk menyimpan dan membentuk amilum, lipidoplas yang berfungsi dalam membentuk serta menyimpan kandungan lemak, serta proteoplas yang berfungsi dalam menyimpan protein.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang dapat Anda ketahui.

Loading...