Perbedaan LCD dan LED yang Wajib Anda Ketahui

By Categories : Teknologi

Secara umum TV LED dan LCD memiliki perbedaan yang mendasar yang membedakan keduanya. Kehadiran TV LCD dan LED menandakan perkembangan teknologi semakin canggih. Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa perbedaan keduanya. Dengan berbekal teknologi canggih TV LCD maupun LED mampu menghasilkan gambar lebih tajam dan cerah ketimbang TV biasa. Nah untuk mengetahui apa saja perbedaan LCD dan LED, simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Perbedaan LCD dan LED

Berikut Perbedaan LCD dan LED

LCD merupakan televisi dengan layar datar yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display yang berguna untuk mengontrol cahaya yang akan ditampilkan. Pada panel ini terdiri dari dua lapisan kaca yang saling menempel dan terpolarisasi. Sementara untuk cairan Kristal terletak pada salah satu lapisan. Adapun fungsi dari Kristal cair adalah memblokir atau melewatkan cahaya, supaya mampu menghasilkan gambar pada layar ketika arus listrik sedang melewatinya.

Akan tetapi Kristal tersebut tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri, melainkan cahaya berasal dari lampu neon yang terletak di belakang layar. Dengan adanya lampu neon, gambar dibuat oleh kristal menjadi terlihat. Pada TV LCD menggunakan cold cathode fluorescent lamps (CCFL) yang berguna dalam menyediakan backlighting (penerangan dari belakang). Dengan begitu monitor LCD mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. TV LCD memiliki desain tipis, sehingga membuatnya lebih hemat penempatan letak termasuk di tempelkan pada tembok.

Sementara untuk LED tidak terlalu berbeda dengan teknologi LCD, akan tetapi terdapat hal yang membedakan. TV LED menggunakan Light Emitting Dioda dengan menggunakan array lebih sedikit guna menerangi layar. Terdapat banyak keuntungan dari LED ketimbang LCD yang menggunakan CCFL. Dimana TV LED memiliki desain yang lebih tipis ketimbang TV LCD. Terdapat dua jenis dalam pencahayaan LED. Yang pertama adalah pencahayaan Edge seta pencahayaan Full Array. Baca Juga Kelebihan Root pada Android dan Kekurangannya

Untuk pencahayaan Edge, rangkaian dioda akan diatur disepanjang tepi bagian luar layar. Ketika terdapat arus listrik yang mengalir, cahaya didistribusikan pada layar. Sementara pencahayaan Full Array terdapat beberapa baris dari dioda di bagian belakang seluruh permukaan layar. Dioda sumber cahaya dapat memberikan kontrol serta kecerahan lebih banyak. Hal ini disebabkan dioda mampu menghidupkan serta mematikan sendiri.

Dengan kata lain teknologi dari LED mampu menghasilkan saturasi warna lebih seimbang serta menggunakan daya lebih hemat ketimbang LCD yang menggunakan lampu neon. Namun TV LED memiliki harga yang lebih mahal ketimbang TV LCD. Dalam hal tampilan TV LED memang lebih tajam dan lebih kaya akan warna ketimbang TV LCD.

Daya yang dihasilkan dari TV LED lebih hemat 50 sampai 70 persen daripada TV LCD. Selain itu backlight LED juga memiliki ketahanan lebih baik daripada LCD. Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa perbedaan LCD dan LED yang dapat Anda ketahui. Baca Aplikasi untuk Merekam Suara di Android