Perbedaan Internet dan Intranet

By Categories : Teknologi

Dengan berkembangnya teknologi kebutuhan akses internet semakin mudah untuk didapatkan oleh siapa saja. Untuk mengakses internet dapat melalui smartphone, maupun melalui perangkat PC maupun laptop asalkan terdapat koneksi internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak provider yang menyediakan biaya terjangkau untuk mengakses internet.

Mempercepat Koneksi Internet Handphone

Namun perlu diketahui bahwa internet dan intranet berbeda meski menggunakan perangkat keras sebagai medianya. Internet dan intranet memiliki prinsip kerja yang berbeda. Keduanya merupakan hal yang sangat populer di kalangan IT. Bagi orang yang sudah terjun dalam dunia IT tentu sudah tidak asing lagi mengnai internet dan intranet. Lalu apa saja sebenarnya mengenai perbedaan keduanya? Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja perbedaan keduanya langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini.

Berikut Perbedaan Internet dan Intranet

Internet atau yang disebut dengan Interconnection Networking merupakan suatu teknologi jaringan yang bisa menghubungkan jutaan perangkat komputer maupun perangkat mobile di seluruh dunia. Adapau teknologi jaringan internet telah menggunakan sistem dengan nama Transmission Control Protocol atau disebut dengan internet protocol. Di Indonesia sendiri kebanyakan orang menggunakan internet dengan layanan dari provider yang dikenakan biaya. Dengan banyaknya internet service provider membuat setiap orang bebas memilih dengan biaya yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk intranet merupakan jaringan yang ada di dalam ruangan seperti sekolah, kantor, perusahaan, dan lain sebagainya. Antara internet dan intranet memiliki prinsip kerja yang berbeda. Di dalam perkembangannya intranet tak bisa lepas dari kehadiran internet. Sama halnya dengan internet, untuk intranet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mengetahui data, informasi, berita, dan banyak lagi. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama namun internet memiliki jaringan yang lebih luas karena mencakup seluruh dunia.

Nah setelah mengetahu pengertian dari internet dan intranet, berikut ini terdapat beberapa perbedaan yang dapat Anda ketahui.

Internet

  • Internet bersifat publik dalam arti dapat diakses oleh siapa saja melalui perangkat mobile maupun perangkat PC asalkan terdapat koneksi internet.
  • Secara umum internet dapat digunakan oleh siapa saja dengan memilih provider yang berbayar sampai dengan menggunakan internet yang disediakan gratis oleh pemerintah atau sebuah instansi tertentu yang memiliki akses internet gratis.
  • Internet berisi mengenai berbagai informasi yang ada di dunia ini. Dengan menggunakan internet orang akan lebih fleksibel dalam mengetahui dunia luar.
  • Internet dapat dikatakan sebagai kumpulan dari MAN, WAN, dan juga LAN.

Intranet

  • Intranet lebih bersifat pribadi atau hanya digunakan untuk organisasi-organisasi tertentu saja seperti perusahaan, kantor, sekolah, dan instansi-instansi lain.
  • Informasi yang tersedia tidak seluas apa yang ada di internet, melainkan hanya informasi yang lebih spesifik mengenai perusahaan maupun kantor yang ada dilingkupnya.
  • Merupakan jaringan WAN, LAN, dan juga MAN ( hal ini sama dengan internet).

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai perbedaan internet dan intranet yang dapat Anda ketahui. baca juga artikel tentang Cara mempercepat koneksi internet.