Perbedaan Cinta dan Sayang

By Categories : Umum

Secara umum antara cinta dan sayang memiliki arti dan makna yang berbeda. Mungkin dari Anda sudah mengetahui keduanya, tetapi kemungkinan juga ada yang belum mengetahuinya antara cinta dan sayang. Terdapat banyak referensi mengenai perbedaan kedua kata tersebut.

Perbedaan Cinta dan Sayang

Ada sebagian orang yang masih beranggapan bahwa cinta dan sayang tidak memiliki perbedaan yang berarti. Namun ketika Anda memperhatikan dengan baik keduanya jelas memilki arti yang berbeda. Nah oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui antara cinta dan sayang. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai apa itu perbedaan cinta dan sayang. Tak perlu panjang lebar berikut ini adalah beberapa uraian yang dapat Anda ketahui mengenai perbedaan cinta dan sayang.

Berikut Perbedaan Cinta dan Sayang

  • Cinta

Secara umum cinta merupakan suatu hal yang suci dan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Banyak orang yang mengatakan bahwa cinta adalah tidak rasional. Rasa cinta ini akan timbul pada setiap orang pada orang lain yang mereka kasihi seperti orang tua pada anaknya yang memiliki cinta tulus ataupun suatu pasangan yang saling mencintai. Secara umum cinta dipenuhi dengan berbagai rasa saling memaafkan dan juga saling memaklumi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia cinta merupakan suatu perasaan suka secara tulus yang terjadi kepada sesama makhluk hidup dan tidak hanya terjadi pada suatu pasangan saja.

Cinta dalam suatu pasangan akan lebih sempurna jika keduanya saling memahami dan juga saling mengerti. Kata cinta juga bisa didefinisikan sebagai anugerah dari Tuhan sebagai hal terindah yang diberikan kepada manusia dengan merasakan kebahagiaan, sakit, sedih, dan bahkan menderita.

Dibandingkan dengan kata sayang, cinta memang lebih memiliki arti universal. Hal ini berarti tidak hanya cinta terhadap sesama manusia, melainkan juga cinta terhadap lingkungan, cinta terhadap alam, cinta terhadap negaranya, dan banyak lagi.

  • Sayang

Sayang memiliki arti yang berbeda dengan cinta. Sayang dapat didefinisikan sebagai rasa yang tulus, namun dalam arti bukan hanya rela melepas seseorang yang disayang untuk tujuan agar mereka lebih bahagia. Rasa sayang terhadap seseorang biasanya akan terjadi pada sesuatu ketertarikan orang tersebut yang membuat rasa sayang muncul dalam diri. Rasa sayang ini tidak hanya terjadi pada pasangan lawan jenis, melainkan rasa sayang kepada orang tua. Sebagian orang menyatakan bahwa rasa sayang belum berarti cinta, namun untuk cinta sudah berarti sayang. Keduanya memang memiliki arti yang berbeda. Secara umum cinta lebih universal seperti cinta kepada lawan jenis, cinta kepada orang tua, kepada negara, dan banyak lagi. Sedangkan untuk sayang dapat dikatakan dengan sayang kepada sesama manusia, teman, bahkan saudara.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai perbedaan cinta dan sayang yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Tips pacaran jarak jauh agar lebih awet.

Loading...