Perbedaan antara BPJS dan Jamsostek

By Categories : Umum

Jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi segenap pekerja dalam menghadapi masalah ekonomi dan masalah sosial  tertentu yang diselenggarakan dengan mekanisme asuransi ketenagakerjaan. Program jamsostek sebelumnya diproduksi oleh PT. Jamsostek namun untuk saat ini diubah menjadi BPJS. Setelah pemberlakuan BPJS ini, ternyata banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi tentangnya. Sehingga akibatnya masyarakat masih bingung antara apa itu BPJS dan apa itu jamsostek. Apakah perbedaan antara BPJS dan Jamsostek? Sebenarnya BPJS sendiri merupakan pengganti dari Jamsostek dan ini baik dari segi mekanismenya dan manfaatnya sama. Hanya saja untuk BPJS terbagi menjadi dua jenis yakni yang berupa BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini saya akan menjelaskan antara keduanya secara lengkap jadi sebaiknya anda membaca ulasan yang saya sajikan ini dengan seksama.

Perbedaan antara BPJS dan Jamsostek

Pertama adalah BPJS Kesehatan. Perlu untuk Anda cermati bahwa BPJS kesehatan merupakan pengganti dari program askes atau asuransi kesehatan. Artinya program ini memberikan pelayanan kepada masyarakat atau publik dalam bentuk layanan kesehatan. Terutama di sini program ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara merata dan menyeluruh kepada setiap lapisan masyarakat dan untuk meminimalkan terjadinya diskriminasi. Namun, ada pengecualian untuk BPJS ini bagi mereka yang nonDPI maka diberikan keringanan berupa iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah. Dengan demikian maka kesejahteraan masyarakat terutama dalam hal kesehatan akan lebih terjamin.

Kedua adalah BPJS ketenagakerjaan. Seperti yang telah saya jelaskan kepada Anda di muka tadi bahwa PT. Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS. Dan hal tersebutlah yang akhirnya menjadi produk publik baru yang kita kenali dengan sebutan BPJS Ketenagakerjaan ini. Ya, BPJS Ketenagakerjaan dimaksudkan untuk menggantikan peranan Jamsostek yang memiliki fungsi untuk melindungi masyarakat yang merupakan tenaga kerja baik tenaga kerja negeri maupun swasta  dalam hal sosial dan ekonomi. Namun mengenai keterangan lebih lanjut tentang jenis keanggotaan dan besaran iuran yang akan dibayarkan setiap bulannya, maka belum ada  karena program ini rencananya akan diberlakukan pada tahun 2015 yang akan datang.

Nah, setelah memahami beberapa pemaparan yang telah saya sampaikan di atas, maka sekarang ini Anda tentu dapat membedakan antara BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, bukan? Jadi dengannya jika Anda memiliki masalah dalam hal kesehatan maka yang harus Anda lakukan adalah mengurus kartu BPJS Kesehatan. Sedangkan jika Anda merupakan seorang tenaga kerja maka yang perlu anda bayar adalah iuran untuk BPJS Ketenagakerjaan. Oya, sebelum saya menutup uraian kali ini, perlu untuk Anda ketahui bahwasanya kendati kartu BPJS sudah mulai beredar saat ini, itu tidak berarti bahwa kartu Jamsostek dan kartu Askes yang Anda miliki tidak berfungsi.

Demikianlah tadi sedikit ulasan yang dapat saya sajikan kepada Anda mengenai perbedaan antara BPJS dan Jamsostek. Semoga dengannya apa yang telah saya sajikan di atas dapat memberikan manfaat dan sampai jumpa kembali pada ulasan yang selanjutnya.

terms: perbedaan jamsostek dan bpjs, apa itu jamsostek, jamsostek adalah, jamsostek dan bpjs, perbedaan bpjs dan jamsostek