Penyebaran Ebola Lebih Cepat Dari Penanganannya

By Categories : Kesehatan

Ebola adalah salah satu virus mematikan yang paling dihindari didunia. Nama ebola berasal dari nama sungai ebola di kongo. Penyakit ini menular melalui kontak langsung cairan tubuh dan kulit. Orang yang terkena virus ebola memiliki gejala diare, sakit badan, demam, muntah, perdarahan luar dan dalam.

penyebaran virus ebola
Masa inkubasi virus ebola di dalam tubuh antara 2-21 hari tetapi umumnya 5-10 hari tergantung daya tahan tubuh. Sampai saat ini vaksin ebola untuk manusia belum ditemukan meskipun sudah ada vaksin ebola untuk monyet dengan tingkat keberhasilan mencapai 90%.

Tingkat kematian orang yang terkena virus ebola antara 80-100% sementara penanganan virus ini masih sangat lambat. Sudah ada 1069 orang yang meninggal karena virus ebola di guinea, Sierra Leon, Nigeria, dan Liberia.

WHO mengatakan bahwa wabah ini kemungkinan akan terus berlangsung beberapa lama. WHO juga menyatakan akan membangun rencana penanganan dalam beberapa bulan mendatang.

WHO mendukung penanganan pasien untuk diberi obat yang belum terbukti manjur untuk mengobati ebola karena vaksin untuk virus ini masih belum ditemukan. Obat buatan Amerika yang belum terbukti ini bernama Zmapp, dan dalam produksi yang terbatas. Obat itu telah sampai di Liberia dimana obat tersebut akan diberikan kepada dua orang dokter.

Pemerintah yang berwenang harus menentukan siapa lagi orang yang akan diberi obat tersebut sementara mereka harus menunggu produksi berikutnya.