Penyebab Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Masalah kesemutan sepertinya hampir semua orang pernah mengalaminya dan bagian tubuh yang seeing mengalami kesemutan adalah tangan. Kesemutan pada tangan adalah seperti halnya dengan penyakit lainnya, dimana menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Maka tidak heran jika bagi siapa saja yang mengalami kesemutan tersebut penasaran mengenai penyebab tangan kesemutan yang mereka alami.

Penyebab Tangan Kesemutan

Inilah penyebab Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Pada prinsipnya tangan kesemutan disebabkan karena adanya gangguan atau kerusakan pada pada syaraf. Oleh karena itulah kesemutan biasanya disertai dengan keluhan berupa sakit nyeri, kebal dan kelemahan. Berkaitan dengan tangan kesemutan sebenarnya memiliki banyak kelompok sesuai dengan lokasinya. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini!

Tangan Kesemutan Sebelah ( Salah satu tangan )

Kesemutan Sesaat

Kesemutan yang sesaat ini terjadi karena disebabkan oleh gangguan aliran darah yang tidak lancar ketika menyumpali oksigen ke saraf tangan. Biasanya kesemutan seperti ini pada saat tangan tertindih oleh badan dan akan membaik jika aliran oksigen ke saraf tidak terhalang lagi.

Kesemutan Berkepanjangan

Kesemutan yang berkepanjangan di akibatkan karena faktor terdapat cidera yang membuat saraf mengalami gangguan seperti terjepit. Selain itu juga dapat disebabkan karena faktor penyakit yang ada dalam tubuh. adapun jenis penyakitnya seperti stroke, herpes zoster, patah tulang, hingga tumor otak.

Kesemutan Pada Kedua Tangan

Jika kesemutan terjadi pada kedua tangan secara simetris, biasanya juga dapat disebabkan adanya kerusakan saraf tepi atau neuropathy perifer. Ganguan saraf ini karena disebabkan oleh adanya penyakit yang bersifat sistemik. Adapun jenis penyakit tersebut adalah diabetes, alkoholisme, autoimun, dan penyakit keturunan.

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan

Keberhasilan dari tangan kesemutan tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. karena proses pengobatannya dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Seperti misalnya tangan kesemutan yang karena disebakan karena penyakit diabetes. Maka yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kesemutan tersebut adalah dengan cara mengontrol gula darah dan mengonsumsi vitamin.

Selain itu juga bisa mengonsumsi obat tangan kesemutan secara umum diantaranya sebagai berikut :

  • Mengatasi tangan kesemutan ringan dapat dilakukan dengan cara menggunakan obat anti-inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Sedangkan untuk kasus tangan kesemutan yang lebih berat, Anda dapat menggunakan obat-obatan antidepresan dengan dosis yang lebih rendah dibanding untuk menghilangkan depresi.
  • Selain itu untuk mengatasi tangan kesemutan juga dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup yang lebih baik. Diantaranya menjaga berat badan, menghindari mengonsumsi alkohol, berhenti merokok, dan mengonsumsi makanan seimbang.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab tangan kesemutan dan cara mengatasinya. Semoga dengan penjelasan kali ini dapat memberikan banyak pengetahuan terkait masalah kesemutan pada tangan. Baca juga aerikel terkait lainnya Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan.

loading...