Penyebab Sariawan di Bibir serta Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Sariawan menjadi permasalahan yang sangat mengganggu bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak? Semua aktivitas yang berhubungan dengan makan, minum, sampai dengan berbicara menjadi terganggu akibat sariawan dalam bibir. Pada umumnya yang ditimbulkan sariawan adalah rasa perih pada mulut bagian dalam maupun luar.

Sariawan bisa datang secara tiba-tiba dan bisa juga akibat dari beberapa faktor. Nah pada pembahasan ini diungkap apa saja penyebab sariawan di bibir serta cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah itu? Langsung saja silahkan simak pembahasannya di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber!

 Penyebab Sariawan di Bibir

Berikut Penyebab Sariawan di Bibir yang Perlu Anda Ketahui

Menyikat Gigi Tidak Lembut

Penyebab sariawan di bibir yang pertama adalah menyikat gigi dengan kasar. Menyikat gigi yang baik sebaiknya dilakukan dengan cara lembut, jika tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan sariawan pada mulut. Ini dikarenakan menyikat gigi terlalu keras justru dapat melukai gusi, sehingga mengakibatkan gusi terluka. Oleh karena itu sebaiknya menggosok gigi jangan terlalu keras, dan pilihlah sikat gigi dengan permukaan lembut serta menggantinya secara berkala. Baca juga Cara memutihkan gigi.

Akibat dari Panas Dalam

Penyebab berikutnya adalah panas dalam. Ketika tubuh tidak terpenuhi dengan makanan bergizi, maka tubuh akan mudah terserang penyakit salah satunya adalah panas dalam. Panas dalam diakibatkan karena mengonsumsi makanan sembarangan seperti mengandung banyak minyak, makanan pedas, tanpa diimbangi dengan sayuran serta buah-buahan. Panas dalam inilah yang bisa menyebabkan sariawan. Oleh karena itu jangan lupa mengonsumsi makanan sehat, serta mencukupi kebutuhan minum air putih.

Kondisi Tubuh yang Tidak Fit

Penyebab sariawan di bibir selanjutnya adalah kondisi tubuh sedang tidak fit. Kondisi tubuh sedang tidak fit juga menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan pada mulut. Penyebab yang satu ini perlu Anda ketahui. Oleh karena itu untuk cara mudahnya, Anda perlu menjaga pola makan, hidup sehat, dan juga istirahat yang cukup.

Cara Mengatasi Sariawan

  • Kumur dengan Menggunakan Air Garam

Cara yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi sariawan pada mulut. Caranya adalah dengan memanfaatkan air garam sebagai larutan untuk berkumur. Air garam inilah yang berperan dalam membasmi kuman dalam mulut yang merupakan penyebab dari sariawan.

  • Menggunakan Es Batu

Cara lain yang tidak kalah mudah dengan cara di atas adalah dengan es batu. Cara penggunaannya cukup muda yaitu dengan meletakkan es batu dalam mulut, sehingga terkena pada bagian sariawan. Cara ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dari sariawan karena dinginnya es batu, serta membantu dalam meredakan pembengkakan akibat dari sariawan dalam mulut.

  • Mengonsumsi Tomat dan Buah Mengandung Vitamin C Lainnya

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh memerlukan asupan vitamin untuk terhindar dari beberapa penyakit. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan juga untuk mencegah serta menyembuhkan sariawan. Oleh karena itu Anda perlu mencukupinya dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti buah tomat, jeruk, lemon, serta buah-buahan lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab sariawan di bibir serta cara mengatasinya yang perlu untuk diketahui. Tips kesehatan gigi dan mulut.