Penyebab Penyakit Kusta dan Pengobatannya

By Categories : Kesehatan

Penyakit kusta atau lepra merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena bakteri yang bernama mycobacterium lemprae, dan penyakit ini juga merupakan penyakit infeksi menular kronis. Penyakit kusta pada awalnya disinyalir berasal dari negara Afrika atau Asia Tengah yang kemudian menyebar di seluruh dunia salah satunya adalah Indonesia yang merupakan negara ketiga yang paling banyak memiliki penderita penyakit kusta. Penyakit kusta ini masuk ke Indonesia sudah sejak abad ke IV-V yang dibawa oleh orang India ketika saat menyebarkan agama. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat dua hingga tiga juta penderita penyakit kusta yang mengalami cacat permanen karena penyakit kusta tersebut. Ketika pada saat itu penyebab penyakit kusta belum diketahui secara pasti, namun dengan perkembangan teknologi kesehatan kini penyebabnya telah diketahui. Adapun penyebabnya akan dijelaskan berikut ini:

Penyebab Penyakit Kusta dan Pengobatannya

Inilah Penyebab Penyakit Kusta

Penyakit kusta terjadi karena disebabkan oleh bakteri yang bernama mycobacterium Laprae. Bakteri penyebab penyakit kusta ini pertama kali dikenalkan oleh G.A Hansen pada tahun 1879. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap bakteri tersebut menemukan bahwa dapat berkembang biak dalam waktu 2-3 minggu di dalam tubuh dan 9 hari diluar tubuh manusia. Selain itu bakteri ini juga mampu bertahan selama 2-5 tahun hingga lebih.

Secara garis besar penyakit kusta memiliki dua jenis golongan diantaranya tuberkuloid dan lempromaitosa. Kedua jenis kusta tersebut sama-sama memiliki kesamaan menyebabkan kerusakan pada kulit. Namun hanya saja yang membedakan tingkat keparahan atau kerusakannya. Untuk gejala penyakit kusta itu diantaranya sebagai berikut :

  • Pada kulit muncul bercak-bercak kemerahan.
  • Kulit melepuh dan terasa nyeri.
  • Kehilangan kesensitifan pada daerah luka.
  • Otot melemah.
  • Terdapat kecacatan (deformitas) pada bagian tubuh.

Pengobatan Penyakit Kusta

Itulah beberapa penyebab penyakit kusta yang dapat Anda ketahui dan selanjutnya adalah pengobatannya. Namun sebelum kita membahas mengenai pengobatan penyakit kusta, terlebih dahulu kita kenali cara untuk mencegahnya yaitu dengan menghindari kontak dengan penderita penyakit kusta. Menurut study yang dilakukan di China dikenalkan melalui New England Journal Of Medicine mengatakan bahwa kusta bukanlah penyakit yang dapat diwariskan hanya saja dapat ditularkan. Penularan penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan cara menjaga keberihan dan melakukan pengobatan regimen MDT (obat kombinasi) yang telah ditetapkan oleh WHO diantaranya sebagai berikut :

  • Pengobatan kusta Kering (PB): Pengobatan pertama dosis yang arus dikonsumsi 2 kapsul rifampisin dan 1 tablet dapsone. Untuk hari selanjutnya cukup mengonsumsi 1 tablet depsone.
  • Pengobatan kusta basah (MB): pengobatan pertama 2 kapsul rifampisin, 3 lampren dan 1 tablet depsone.

Demikian penjelasan mengenai penyebab penyakit kusta dan pengobatannya yang dapat Anda ketahu. Baca juga artikel terkait lainnya Jenis Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya.

 

Loading...
terms: penyakit kusta, gejala penyakit kusta, penyebab kusta