Penyebab Penyakit Disentri dan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Disentri merupakan gangguan peradangan yang terjadi pada usus terutama usus besar yang mengakibatkan diare berat. Peradangan ini terjadi dengan ditandai oleh gejala perut yang terasa sakit, dan buang air besar encer secara terus menerus (diare) yang bercampur lendir, nanah, dan darah. Meskipun penyakit disentri ini bukanlah epidemi global, namun disentri tetap menjadi penyakit yang berbahaya yang harus diwaspadai oleh semua orang entah bagi orang dewasa maupun anak-anak. Salah satu cara untuk menghindari penyakit disentri yaitu  pentingnya untuk mengetahui apa yang dapat menjadikan penyebab penyakit disentri. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab penyakit disentri dan pencegahannya.

Penyebab Penyakit Disentri dan Pencegahannya

Inilah Penyebab Penyakit Disentri

Disentri sendiri memiliki dua jenis diantaranya disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella dan disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba ( parasis bersel satu). Dari kedua jenis disentri tersebut, disentri basiler merupakan disentri yang paling ringan dibadingkan dengan disentri amoeba. Hal ini dikarenakan bakteri shigella adalah binatang yang tidak bergerak, gram negatif dan bersifat fakultarik yang tidak merugikan laktosa, namun merugikan karbohidrat yang terdpat dalam tubuh. Sedangkan bakteri amoeba merupakan bakteri yang bergerak, berkembang dan bereproduksi dalam bentuk kista. Jika kista tersebut masih dikeluarkan melalui tinja, maka masa periode waktu penularan akan bertahan selama bertahun-tahun lamanya atau disebut dengan amoebiasis kronis.

Pencegahan Penyakit Disentri

Menjaga kebersihan merupakan hal memiliki peranan yang sangat penting dalam pencegahan penyakit disentri. Selain dapat berdampak bagi penderitam penyakit ini juga dapat berpotensi untuk menyebar kepada orang disekitarnya terutaman pada anggota keluarganya. Pencegahan penyakit disentri sendiri memiliki tahap yang berbeda tergantung yang menjdai penyebabnya. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Pencegahan penyakit disentri basiler

  • Selalu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mencuci tangan dengan sabun secara teratur.
  • Memakan makanan sehat
  • Selalu menjaga sanitrasi air, makanan maupun udara.
  • Memasak makanan  sampai matang.

Pencegahan penyakit disentri amoeba

  • Menjaga kebersihan peorangan ( personal ) meliputi selalu menjaga kebersihan tangan setelah dari taoiletdan sebelum makan dengan menggunakan sabun.
  • Menjaga kebersihan lingkungan  meliputi membuang sampah pada tempatnya, menjaga makana agar tidak terkontaminasi oleh kotoran dan lalat  dan menurunkan angka sakit. Dalam menurunkan angka sakit, diperlukan usaha jangka berupa pendidikan kesehatan dan perbaikan sanitrasi lingkungan. Sedangkan untuk jangka pendek dengan cara melakukan penyuluhan kesehatan dan pembersihan lingkungan secara gotong royong.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab penyakit disentri dan pencegahannya yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Pertolongan Pertama Diare Pada Anak dengan Tepat

 

Loading...