Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Pernahkan Anda mengalami nyeri dada sebelah kanan? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena tidak semua nyeri dada sebelah kanan adalah gejala suatu penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Namun meskipun begitu jika Anda sering mengalami hal ini segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter, karena tidak dapat dipungkiri bahwa rasa nyeri tersebut terkadang merupakan suatu tanda adanya gangguan yang serius pada tubuh bagian dalam.

Penyebab Nyeri Dada

Bahkan banyak orang yang menganggap jika salah satu penyebab nyeri dada sebelah kanan adalah karena penyakit jantung. Padahal secara medis, jantung berada di sebelah kiri. Lalu apa sebenarnya penyebab dari nyeri dada itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab nyeri dada sebelah kanan yang perlu diwaspadai.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri pada dada sebelah kanan

Peradangan pada hati

Penyebab yang pertama adalah karena peradangan pada hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di sebelah kanan, maka jangan heran jika terjadi gangguan pada organ yang satu ini maka dapat mempengaruhi dada sebelah kanan. Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Infeksi  virus

Rasa nyeri pada dada sebelah kanan juga dapat diakibatkan oleh virus yang menginfeksi tubuh Anda, misalnya virus flu dan batuk ataupun virus lainnya. Jika virus yang menyebabkan penyakit tersebut mulai menyebar ke paru-paru tentu saja dapat membuat dada terasa nyeri dan sakit. Oleh karena itu, jika nyeri dada yang Anda alami disebabkan oleh hal ini maka salah satu terbaik untuk mengatasinya adalah mengobati flu ataupun batuk yang Anda alami.

Cedera

Penyebab nyeri dada selanjutnya adalah karena cedera. Jika tulang rusuk sebelah kanan patah, memar ataupun retak akibat terkena pukulan benda tumpul ataupun pukulan ke arahnya, kecelakaan dan juga jatuh tentu saja hal ini dapat membuat dada sebelah kanan terasa nyeri dan sakit. Seseorang yang sedang dalam posisi ini sebaiknya menghindari segala macam kegiatan yang dapat memperburuk kondisi tubuh.

Gangguan kandung empedu

Berikutnya dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada kandung empedu. Gangguan tersebut biasanya terjadi karena terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak atapun ketika batu empedu tertahan di saluran empedu. Untuk mengobatinya, selain menggunakan obat herbal penyakit batu empedu Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter.

Peradangan pada pleura

Pleura merupakan sebuah selaput yang melindungi paru-paru. Jika selaput tersebut mengalami peradangan ataupun gangguan lainnya, tentu saja hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan. Kondisi ini juga akan Anda rasakan ketika sedang menarik nafas ataupun ketika sedang batuk.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab nyeri dada sebelah kanan yeng perlu Anda waspadai. Baca juga artikel terkait lainnya inilah penyebab sakit pinggang sebelah kanan.