Penyebab Mimisan Pada Anak Usia Balita

By Categories : Kesehatan

Mimisan merupakan suatu kondisi dimana keluarnya darah dari hidung. Mimisan atau epistaksis dapat terjadi kepada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab mimisan pada anak biasanya terjadi secara tiba-tiba. Menurut para ahi mimisan dapat berhenti dengan sendirinya. Meskipun begitu saat anak mengalami mimisan sebaiknya segera diberikan pertolongan pertama. Karena mimisan dengan pendarahan hebat dapat menyebabkan komplikasi yang berat.

Pertolongan pertama saat anak mengalami mimisan dengan pendarahan ringan Anda dapat memberikan pertolongan dengan cara menekan kedua cuping hidung ke tengah selama beberapa menit. Sedangkan untuk pendarahan yang hebat, jika cara tersebut gagal maka penderita harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Lantas apa saja penyebab mimisan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Penyebab Mimisan Pada Anak Usia Balita

Inilah penyebab mimisan pada anak

Infeksi

Penyebab mimisan pada anak yang pertama adalah infeksi. Misalnya adalah akibat vestibulitas, vestibulitas adalah peradangan pada bagian selubung akar rambut. Yang biasanya hal ini terjadi di bagian dalam depan rongga hidung anak. Tak hanya itu saja terjadinya sinusitis juga merupakan salah satu penyebab dari penyakit ini. Oleh karena itu saat terjadi mimisan akibat infeksi sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Demam berdarah

Yang kedua adalah saat demam berdarah. Mimisan karenan demam berdarah sangatlah berbahaya. Hal ini dikarenakan merupakan suatu pertanda stadium berat dari penyakit tersebut. Jika anak mengalami hal ini, si kecil harus segera mendapatkan perawatan intensif. Ini karena mimisan akibat demam berdarah  seringkali diikuti pendarahan pada organ lain. Sehingga hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga keselamatan anak Anda.

Tumor

Penyebab mimisan selanjutnya adalah adanya tumor pada rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini sering kali terlihat sebagai benjolan yang memiliki ukuran sebesar biji nangka berwarna merah keputihan pada hidungnya. Tak hanya itu saja, selain pada anak tumor ini juga dapat menyerang remaja ataupun orang dewasa.

Trauma

Trauma yang terjadi pada hidung anak juga dapat menyebabkan mimisan. Trauma tersebut meliputi mengorek hidung terlalu keras, terbentur dan juga akibat terkena pukulan yang terlalu keras. Untuk menghindari hal ini Anda dapat memperingatkan si kecil agar hati-hati saat bermain  bersama dengan temannya ataupun sendirian.

Polusi

Berikutnya adalah karena polusi. Seperti yang Anda ketahui anak-anak masih memiliki selaput lendir yang sangat tipis dan mudah robek jika terkena polusi. Polusi yang dapat menyebabkan mimisan antara lain asap rokok, kendaraan bermotor dan juga polusi akibat bahan kimia lainnya.

Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga merupakan penyebab mimisan, misalnya penggunaan obat-obatan steroid yang memiliki fungsi untuk melegakan hidung yang mampet. Segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami hal ini.

Demikianlah ulasan tentang penyebab mimisan pada anak yang perlu diketahui.

Baca juga artikel mengenai Cara mengatasi tipes pada anak.