Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

By Categories : Umum

Mesin menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan seperti mobil, motor, pesawat, dan jenis kendaraan lainnya. Tanpa adanya mesin kendaraan tentu tak bisa digunakan atau tak bisa berjalan. Mesin motor perlu namanya untuk diservis secara berkala di bengkel resmi untuk kualitas yang lebih terpercaya. Mesin pada motor juga bisa mengalami permasalahan layaknya pada manusia yang dapat jatuh sakit.

Penyebab Mesin Motor

Permasalahan-permasalahan pada mesin motor beragam, salah satunya adalah mesin mengalami cepat panas. Mesin mengalami cepat panas dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti terganggunya komponen di dalam mesin. Biasanya ketika mesin megalami overheat atau cepat panas ditandai oleh berbagai hal seperti munculnya bau gosong pada area sekitar mesin. Mesin mengalami cepat panas ada kemungkinan yang tidak beres yang terjadi. Lalu apa saja penyeab mesin motor cepat panas? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Salah dalam memilih Oli Mesin

Penyebab mesin motor cepat panas yang pertama adalah salah dalam memilih oli mesin. Oli mesin merupakan salah satu pelumas yang berfungsi untuk menjaga suhu di dalam mesin agar tidak terlalu panas. Setiap motor memiliki oli mesin sesuai pabrikan atau sesuai standart yang telah ditetapkan. Oli standart pabrikan biasanya telah disesuaikan dengan perubahan musim yang terjadi. Nah bila Anda salah memilih oli mesin maka dapat menyebabkan mesin mengalami cepat panas. Oleh sebab itu gunakan oli yang sudah ditentukan oleh jenis kendaraan motor tersebut.

Busi yang Sudah Aus

Busi yang sudah aus dapat menjadi penyebab mesin motor mengalami cepat panas. Ini dikarenakan busi yang sudah aus memiliki percikan api yang tidak terlalu besar, sehingga akan menyebabkan proses pembakaran di dalam mesin kurang berjalan secara maksimal. Busi yang sudah aus dapat dikenali dengan berbagai hal seperti performa mesin kurang maksimal saat dikendarai, sampai dengan mesin terasa tersendat saat digunakan. Oleh sebab itu gunakan busi sesuai standart yang sudah ditentukan dang anti busi secara berkala.

Proses Pembakaran Kendaraan kurang Maksimal

Penyebab mesin motor cepat panas berikutnya adalah proses pembakaran yang kurang maksimal. Seperti pada penjelasan di atas bahwa proses pembakaran maksimal salah satunya diakibatkan oleh busi yang sudah aus, sehingga menyebabkan mesin kendaraan mengalami cepat panas. Adapun tanda-tanda jika proses pembakaran pada mesin kurang sempurna adalah munculnya suara ledakan kecil maupun keras pada knalpot kendaraan.

Penyetelah Klep yang Tidak Sesuai

Setelan klep pada mesin 4 tak harus tepat dan harus sesuai dengan aturannya. Setelan katub di dalam mesin dapat berubah kapan saja. Oleh sebab itu bagi Anda yang tak ingin kendaraan bermotor mengalami cepat panas pada mesin, sebaiknya untuk melakukan tune up secara berkala. Untuk tune up biasanya dilakukan sesuai dengan kilometer yang ditempuh pada kendaraan motor.

Baca juga artikel tentang Tips merawat motor matic  injeksi.

terms: penyebab motor matic cepat panas, yang menyebabkan busi cepat gosong