Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas

By Categories : Teknologi

Laptop menjadi perangkat elektronik yang tak bisa lepas dari manusia. Ini dikarenakan peranan laptop yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia seperti dalam hal urusan kantor sampai dengan untuk urusan sekolah bagi para pelajar. Kemudahan laptop yang bisa digunakan di mana saja juga turut ikut mendukung dalam hal penggunaan.

Insurance

Dengan kemudahan yang diberikannya tersebut, ternyata laptop juga memiliki permasalahan yang sering menimpa para penggunannya. Permasalahan tersebut beragam, dan terkadang membuat jengkel para pengguna. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah laptop mengalami cepat panas dan mengakibatkan kinerja menjadi lemot. Terdapat berbagai penyebab yang menjadikan laptop lemot dan cepat panas. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab laptop lemot dan cepat panas? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini.

Berikut Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas

Banyaknya Program yang Diinstal

Salah satu penyebab laptop lemot dan cepat panas adalah terlalu banyak program yang terinstal. Hal ini tentunya diimbangi dengan kapasitas RAM tidak terlalu besar dan dukungan prosesor standart. Banyaknya aplikasi yang terinstal membuat laptop memiliki beban yang berat untuk menjalankan maupun ketika pertama kali dihidupkan yang akan membebani laptop Anda. Oleh karena itu solusi yang paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghilangkan aplikasi yang dinilai kurang begitu penting.

Spesifikasi Laptop yang Lebih Rendah

Penyebab laptop lemot yang kedua adalah spesifikasi pada laptop yang lebih rendah dibandingkan dengan aplikasi yang digunakan. Hal ini sangat jelas akan terjadi ketika Anda menginstal program atau aplikasi berat kepada laptop Anda, namun spesifikasi laptop Anda kurang memadai. Hal ini sama saja memaksakan laptop Anda untuk bekerja dengan beban yang berat. Akibat yang terjadi adalah laptop lemot dan mudah panas.

Terlalu Banyak File Sampah

Penyebab yang ketiga adalah terlalu banyaknya file sampah yang menumpuk. File sampah akan muncul ketika seseorang habis menggunakan laptop untuk akses internet, bermain game, membuat tugas, dan banyak lagi. Jika file sampah tersebut dibiarkan maka yang terjadi adalah semakin menumpuk dan jumlahnya akan semakin banyak. Solusinya adalah dengan menggunakan program pembersih file sampah.

Infeksi yang Disebabkan oleh Virus

Infeksi yang disebabkan oleh virus juga akan turut mempengaruhi kinerja dari laptop yang Anda gunakan. Orang awam biasanya sudah menggunakan antivirus, namun jarang melakukan update ataupun saat menggunakan USB tanpa discan. Hal ini dapat menyebabkan virus masuk ke dalam laptop Anda jika USB sudah terinfeksi virus. Virus yang masuk ke dalam laptop dapat menyebabkan beberapa program tak bisa dijalankan dan bahkan membuat laptop Anda menjadi lemot dan cepat panas.

Nah itulah tadi beberapa penyebab laptop lemot cepat panas yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tekait Tips merawat laptop agar awet.

terms: latop lemot dan cepat panas