Penyebab Kram Kaki Saat Berenang

By Categories : Kesehatan

Seperti yang kita ketahui kejadian kram kaki atau kejang otot saat berenang sering kali terjadi baik terhadap orang lain dan juga diri sendiri. Pada umumnya ada beberapa penyebab kram kaki. Hal tentu saja merupakan salah satu hal paling berbahaya jika kita sedang berada di kolam renang.  Ini karena rasa nyeri akibat kram kaki dapat membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan ada beberapa kasus seseorang meninggal di kolam renang akibat tenggelam karena kejang otot atau kram kaki. Lantas apa saja penyebab dari kram kaki saat berenang itu sendiri? Berikut ulasannya.

Penyebab Kram Kaki Saat Berenang

Penyebab Kram Kaki yang perlu Anda ketahui

Kurangnya pemanasan

Penyebab kram kaki saat bernang yang pertama adalah kurangnya pemanasan sebelum berenang. Kondisi tubuh yang belum siap beraktivitas dipaksa untuk melakukan gerakan yang sangat berat. Tentu saja hal ini dapat membuat otot menjadi semakin lelah sehingga mengakibatkan kram pada kaki ataupun otot lainnya.

Pola makan salah

Penyebab kram kaki yang kedua adalah pola makan yang salah. Tahukah Anda aktifitas makan harus diakhiri minimal 2 jam sebelum berenang. Hal ini bertujuan agar makanan yang Anda makan dapat dicerna oleh tubuh secara sempurna. Seperti yang Anda ketahui proses pencernaan makanan juga memerlukan energi. Oleh karena itu, jika Anda melakukan kedua hal ini secara bersamaan tentu saja membuat tubuh kehilangan semakin banyak energi. Tak hanya itu saja lambung yang masih terisi penuh dengan makanan yang belum dicerna juga dapat menyebabkan otot perut berkontraksi. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kram saat berenang.

Kekurangan kalsium dan magnesium

Penyebab kram kaki saat berenang selanjutnya adalah disebabkan karena kekurangan kalsium dan magnesium. Jika tubuh kekurangan kedua nutrisi ini, ini akan membuat otot dan saraf semakin tegang. Sehingga hal inilah yang menyebabkan timbulnya kram. Selain penyebab kram kaki saat renang, kekurangan kalsium dan magnesium juga dapat mengakibatkan kram perut pada ibu hamil.

Dehidrasi

Meskipun terlihat sepele, dehidrasi yang tidak segera diatasi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya yaitu menyebabkan kram kaki saat berenang. Oleh kerena itu, saat berolahrga pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan air putih. Kram yang Anda alami saat olahraga pun juga merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang kekurangan air atau yang lebih sering disebut dengan dehidrasi.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat yang memiliki sifat diuretic atau obat yang dapat menyebabkan orang banyak kencing juga merupakan salah satu penyebab kram kaki saat berenang. Hal ini dikarenakan saat buang air kecil dapat menyebabkan berkurangnya kalsium dan magnesium di dalam darahnya. Kurangnya magnesium dan kalsium adalah penyebab utama dari penyakit ini.

Demikianlah ulasan tentang penyebab kram kaki saat berenang. Baca juga Cara mengatasi kram kaki saat berenang.

Loading...
terms: penyebab kram saat berenang, kaki kram saat berenang akibat dari penyakit apa, kejang otot umumnya terjadi di renang akibat, kenapa saat berenang kaki kram, penyebab keram saat berenang, penyebab terjadinya kram pada saat renang, yang menyebabkan kram pada saat berenang, yang menyebabkan perenang mengalami kram saat di air