Penyebab Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

By Categories : Umum

Apakah Anda pernah mendengar apa itu karang gigi ? karang gigi merupakan kotoran dalam mulut yang menempel pada sela-sela gigi dalam jangka waktu yang lama dan mengeras hingga sulit untuk dihilangkan. Dalam dunia kedokteran karang gigi merupakan flak yang berada di atas email gigi. Untuk emeil gigi itu sediri dibedakan menjadi dua diantaranya supragingiva (permukaan gigi bagian atas )  dan subgingiva (permukaan gigi bagian bawah). Lantas apakah yang menjadi penyebab karang gigi tersebut?

Penyebab Karang Gigi

Penyebab karang gigi itu sendiri disebabkan karena sisa-sia makanan yang menempel pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan secara tuntas. Dari karang gigi inilah yang dapat memicu berbagai jenis penyakit dalam mulut seperti sariawan, gigi berlubang, infeksi gigi dan infeksi pada gusi. Jika hal itu tidak di atasi dengan cepat maka akan semakin memperburuk kondisi kesehatan organ tubuh lainnya. Maka dari itulah dokter sering menyarankan untuk setiap oran agar melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembentukan karang gigi hingga dilakukan upaya untuk mengatasinya. Nah menyinggung cara mengatasinya, berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengatasinya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Inilah Penyebab Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang menempe pada email gigi yang membentuk karang atau flak pada gigi. Adapun proses pembentukannya adalah secara bertahap dimana sedikit demi sedikit akan menumpuk lama dan mengeras. Jika kondisi tersebut terjadi maka karang gigi akan jauh lebih sulit untuk diatasinya. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengatasi karang gigi. Langsung saja simak penjelasan berikut ini:

Cara Mengatasi karang Gigi

Rutin Menyikat Gigi

Cara mengatasi karang gigi yang pertama adalah dengan cara rutin menyikat gigi. Jika cara ini dapat dilakukan secara rutin tentu saja akan sangat membantu untuk mengatasi karang gigi yang sudah membandel. Lakukan cara ini terutama ketika ingin tidur,setelah makan dan pada setelah bangun tidur. Supaya pelepasan karang gigi jauh lebih cepat dan efektif.

Berkumur dengan Mouth Wash Alami

Selain menyikat gigi secara rutin, Anda juga dapat menggunakan mouth wash alami untuk menghilangkan karang gigi. Mouth wash alami aktau yang disebut dengan berkumur ini juga merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat menggunakan month wash alami yaitu menggunakan air garam atau air daun sirih.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab karang gigi dan cara mengatasinya. Baca juga artikel terkait lainnya Alternatif selain membersihkan karang gigi di dokter.

loading...