Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Perubahan postur tubuh pada saat masa kehamilan adalah kondisi yang sangat normal. Seperti misalnya Kaki bengkak saat hamil atau yang sering disebut dengan edema . Edema ini merupakan kondisi yang sangat umum terjadi dan biasanya sering terjadi ketika kehamilan telah menginjak usia 5 bulan bahkan dapat meningkat pada saat trimester ketiga. Selain itu juga disertai dengan perubahan lainnya seperti nafsu makan yang semakin buruk, berat barat badan mengalami kenaikan dan masih banyak lagi lainnya.Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Namun untuk perubahan yang secara umum yang sering terjadi pada ibu hamil adalah mengalami pembengkakan pada bagian kakinya. Lantas apakah yang menjadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil ? Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Inilah Penyebab Kaki bengkak Pada Ibu Hamil

Kaki bengkak saat hamil atau edema ini disebabkan kerena adanya pengaruh dari perubahan hormom yang terjadi pada ibu hamil. Selain itu juga dapat disebabkan kerena faktor kondisi kaki yang tidak mampu menompang beban yang semakin berat. Namun untuk penyebab utama kaki bengkak saat kehamilan adalah karena kondisi tubuh yang cenderung banyak menahan cairan sebanyak 30 persen lebih banyak dari keadaan normal.

Keadaaan cairan yang tertahan di kaki hinga mengalami pembengkakan ini akan diperparah dengan kondisi rahim yang semakin hari semakin membesar. Hal ini dikarenakan adanya pembuluh darah balik dibagian kaki yang terhambat, sehingga arus balik menuju jantung mengalami gangguan. Jika kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja, tentu akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Berikut akan kami jelaskan cara untuk mengatasi kaki bengkak, diantaranya adalah sebgaai berikut !

Berikut Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

  1. Pada saat duduk usahakan posisi kaki dapat lebih tinggi dibandingkan jantung. Adapun tujuannya adalah untuk membantu dalam mengatur sirkulasi darah yang tidak begitu lancar menuju jantung. Sedangkan pada saat tidur, usahakan posisi kakipun sama lebih tinggi dari jantung. Caranya Anda bisa menggunakan ganjalan bantal untuk membantu membuat kaki Anda dalam posisi yang lebih tinggi.
  2. Jangan terlalu banyak berdiri dengan waktu yang cukup lama, apalagi jika kondisi kehamilan yang semakin berat. Hal ini akan semakin membuat kaki Anda mengalami pembangkan, karena tidak senggup menompang tubuh Anda yang semakin berat.
  3. Menjaga pola makan dengan baik, usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
  4. Melakukaan olahraga ringan seperti berjalan kaki, ataupun gerakan olahraga ringan lainnya .

Memijat ringan pada kaki yang bengkak dan untuk menghasilkan cara yang maksimal. Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan air hangat.

Nah itulah beberapa penjelasan menganai penyebab kaki bengkak ibu hamil yang dapat Anda ketahui.Baca juga artikel terkait lainnya. Obat Diare untuk Ibu Hamil yang Tepat dan Aman

Loading...