Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Gigi terasa ngilu menjadi permasalahan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu, terlebih lagi jika sedang minum minuman dingin atau panas. Rasa ngilu yang tajam sering diakibatkan karena gigi ngilu. Terdapat berbagai penyebab gigi ngilu yang bisa menimbulkan rasa kurang nyaman. Untuk gigi sensitive sendiri biasanya dialami ketika dari usia 20 sampai 50 tahunan.

Penyebab Gigi Ngilu

Gigi sakit dan ngilu dapat disebabkan karena saat menggosok dengan tekanan yang berlebih, akibatnya membuat gusi mengalami iritasi. Lama kelamaan akar gigi berlubang, serta lapisan email juga akan menipis, sehingga ketika minum dingin atau panas akan terasa ngilu. Selain penyebab di atas, terdapat penyebab lain yang perlu Anda ketahui. Lalu apa saja penyebab ngilu dan bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Ngilu

  • Gigi ngilu juga dapat disebabkan karena sering mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Bagi seseorang yang sering mengonsumsi makanan asam cenderung dapat beresiko mengalami ngilu.
  • Penyebab gigi sensitif berikutnya dapat disebabkan karena faktor usia, kebiasaan minum-minuman asam, infeksi, buruknya kebersihan pada gigi dan mulut, serta menurunnya kualitas gusi.

Cara Mengatasi Gigi Terasa Ngilu

  • Untuk mengatasi gigi ngilu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Menurut para ahli sangat menyarankan untuk menggunakan pasta gigi yang didalamnya terkandung potassium nitrat dan strontium chloride. Namun tak hanya itu saja, disarankan pula untuk tidak cepat-cepat sikat gigi setelah makan. Ini dikarenakan ketika menyikat gigi setelah makan justru dapat memicu terjadinya rasa sakit dan sensitive, dikarenakan PH dalam mulut mengalami penurunan.
  • Waktu yang cocok untuk sikat gigi sebaiknya dilakukan setelah 25 menit dari waktu saat mengonsumsi makanan. Perlu diingat juga bahwa menggosok gigi yang benar yaitu jangan terlalu keras serta gunakan sikat yang memiliki bulu sikat yang lembut.
  • Sementara untuk cara alami dalam mengatasi gigi ngilu adalah dengan mencoba kumur dengan menggunakan air garam. Air garam memang sudah terbukti menjadi anti bakteri yang efektif digunakan sebagai obat tradisional. Namun untuk mengatasi ngilu ini tidak dengan mengunyah garam, melainkan dengan berkumur menggunakan air yang telah dicampur dengan garam. Campurkan satu sendok makan ke dalam air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa menit. Muntahkan dan ulangi beberapa kali.
  • Cara mengatasi lainnya adalah dengan menghindari makanan-makanan tertentu. Ketika sudah melakukan langkah penanganan, sebaiknya perlu dilakukan juga untuk menghindari makanan atau minuman tertentu diantaranya adalah menghindari makanan yang masih panas, makanan dingin, serta makanan manis. Selain itu juga menghindari minuman yang masih panas dan minuman dingin. Hal ini bertujuan untuk agar rasa ngilu tidak kambuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya. Baca juga artikel mengenai Efek samping menggunakan kawat gigi.

Loading...