Penyebab dan Obat Paru-paru Basah Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Paru-paru basah merupakan salah satu penyakit pada paru-paru yang menyebabkan infeksi pada paru-paru. Penyakit yang satu ini telah menjadi penyakit yang cukup berbahaya dan tidak bisa dianggap sepele. Bahkan jika tidak segera diatasi penderita  paru-paru basah kemungkinan besar akan meninggal dunia. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala paru-paru basah sejak awal. Hal ini bertujuan agar  penyakit ini dapat diatasi. Sebelum mengetahui apa saja gejalanya, berikut adalah penyebab dari penyakit paru-paru basah itu sendiri.

Penyebab paru-paru basah yang perlu diketahui

Penyebab utama dari penyakit ini adalah virus. Virus yang biasa menyebabkan hal ini adalah virus sinsitial pernapasan, adevonirus, influenza dan painfluenza. Selain itu, paru-baru basah juga dapat disebabkan karena bakteri. Paru-paru basah yang disebabkan karena bakteri dapat terjadi melalui hidung ataupun mulit saat bernapas di lingkungan sekitar orang yang terinfeksi penyakit ini. Seseorang yang memiliki resiko terkena paru-paru basah adalah perokok aktif, seseorang yang ring mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuh yang lemah serta seseorang yang mengidap penyakit kronis, seperti jantung, HIV, asma, diabetes dan lainnya.

Penyebab dan Obat Paru-paru Basah Paling Ampuh

Gejala umum penyakit paru-paru basah

  • Batuk mengeluarkan dahak, kadang disertai darah
  • Sesak nafas
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Mudah terkena flu
  • Tenggorokan sakit
  • Mata berair
  • Dada terasa nyeri

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan gejala umum dari penyakit paru-paru basah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Obat paru-paru basah paling ampuh

Bunga sepatu

Obat yang pertama Anda bisa memanfaatkan bunga sepatu. Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai obat untuk mengatasi paru-paru basah. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Yaitu siapkan 2 kuntum bunga sepatu dan beberapa sendok garam. setelah itu, tumbuk bunga sepatu hingga halus dan masukkan ke dalam segelas air, jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya. Aduk hingga rata kemudian saring. Minumlah ramuan ini secara tetatur, yaitu tiap pagi, siang dan malam hari.

Daun pegagan

Sudah menjadi rahasia umum jika daun pagagan memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat dijadikan sebagai obat paru-paru basah alami. Caranya, sediakan 29 gram daun pegagan dan 15 gram jahe. Kedua bahan tersebut iris-iris dan masukkan ke dalam air hingga mendidih. Setelah itu Anda bisa meminumnya secara teratur.

Tanaman ciplukan

Tanaman ini dapat ditemukan di kebun  ataupun ladang dekat rumah. Selain memiliki rasa buah yang manis dan enak, daun yang membungkus tanaman ini pun memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Caranya, cuci  tanaman tersebut kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

Demikianlah ulasan mengenai obat paru-paru basah paling ampuh. Baca juga artikel lainnya cara menjaga kesehatan paru-paru.

Loading...