Penyebab dan Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Sinusitis merupakan penyakit pada saluran pernapasan  terutama pada bagian hidung. Penyakit ini menyebabkan penderita mengalami pilek menahun. Secara medis, pengobatan sinusitis dibagi berdasarkan jenis virus atau bakteri yang menyerang sinus. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada mukosa atau selaput lendir sinus paranasal. Sehingga peradangan tersebut menyebabkan pembentukan cairan atau kerusakan tulang di bawahnya. Sebenarnya, ada beberapa penyebab sninusitis. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penyebab dan cara mengobati sinusitis secara alami!

Sinusitis Secara Alami

•    Pertumbuhan jamur yang berlebih
•    Infeksi pada gigi
•    Iritasi polusi dan rokok
•    Mengonsumsi susu yang berlebihan
•    Alergi makanan
•    Pilek atau flu
•    Alergi terhadap lingkungan atau udara sekitar

Itulah beberapa penyebab dari sinusitis. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya juga akan  kehilangan nafsu makan serta indera penciuman menjadi lemah. Tak hanya itu saja, jika sudah terjadi penumpukan cairan dalam rongga hidung, maka kepala saat digunakan menunduk akan terasa sangat sakit. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah  cara  mengobati sinusitis secara alami!

Cara mengatasi sinusitis secara alami

Menggunakan air garam

Cara mengobati sinusitis yang pertama adalah dengan cara menggunakan air garam. Sifat anti bakteri pada air garam berguna untuk melawan dan membunuh bakteri atau jamur yang terdapat dalam rongga hidung. Caranya pun mudah masukkan air hangat ke dalam netipot atau poci tambahkan garam tanpa yodium ke dalamnya. Aduk hingga rata, kemudian alirkan air yang ada di dalam netipot ke rongga hidung sebelah kanan. Dan lakukan hal ini secara bergantian.

Cuka sari apel

Cara yang  kedua adalah dengan cara menggunakan cuka sari apel. Bahan alami ini memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Caranya,  campurkan air, cuka sari apel dan juga madu dalam suatu gelas. Kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin setidaknya tiga kali sehari dalam lima hari. cuka sari apel yang Anda gunakan berguna untuk membuat lendir atau ingus menjadi lebih tipis.

Daun sambiloto

Cara mengobati sinusitis selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sambiloto. Daun ini memang sudah terkenal dan berkhasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yaitu sinusitis. Caranya haluskan daun sambiloto hingga keluar airnya. Kemudian teteskan air tersebut pada hidung, meskipun memiliki rasa pahit saat memasuki kerongkongan, khaisat daun ini dipercaya ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

Pergi ke dokter

Mengobati penyakit sinusitis memang dapat dilakukan dengan cara alami. akan tetapi jika sekiranya sinusitis yang Anda alami sedah terlalu parah Anda harus pergi ke dokter THT. Biasanya para dokter akan menyarankan untuk operasi. Jika Anda tidak ingin dioperasi, Anda dapat menggunakan obat herbal yang sudah terjual di pasaran.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengobati sinusitis secara alami. Baca juga artikel mengenai Bahan alami pencegahan keracunan fluoride.